kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkatkan keterisian, AirAsia Indonesia (CMPP) tambah rute dan armada baru


Minggu, 01 September 2019 / 20:41 WIB
Tingkatkan keterisian, AirAsia Indonesia (CMPP) tambah rute dan armada baru
ILUSTRASI.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT AirAsia Indonesia Tbk catatkan pertumbuhan load factor atau tingkat keterisian naik 3 poin persen (“ppts”) menjadi 84%. Adapun hal tersebut tak lepas dari penambahan rute dan armada baru.

Dendy Kurniawan, Direktur Utama AirAsia Indonesia menyebutkan bahwa peningkatan tersebut tak lepas dari penambahan rute baru. "AirAsia Indonesia kini telah/akan menerbangi 4 dari 10 destinasi Bali Baru yang dicanangkan pemerintah," ujarnya kepada Kontan.co.id, Jumat lalu.

Baca Juga: Tak penuhi free float, saham AirAsia Indonesia (CMPP) disuspensi

Adapun keempat destinasi tersebut yaitu Lombok, Labuan Bajo, Sorong, dan Belitung. Menurutnya, Lombok merupakan salah satu destinasi 10 Bali Bru yang mendapatkan sambutan baik dari masyarakat dan turis mancanegara. Hal tersebut lantaran sejak menjadi hub ke-5 AirAsia, permintaan penerbangan terus meningkat.

"Khususnya di rute-rute yang baru kami operasikan yaitu, Lombok-Perth, Lombok-Bali, Kulon Progo-Lombok dan Jakarta-Lombok. Selain itu permintaan dari di rute baru kami ke Labuan Bajo dari Bali juga cukup menggembirakan," ujarnya.

Hingga saat ini, Dendy menjabarkan telah membuka beberapa rute baru yakni Lombok-Bali, Lombok-Kulon Progo, Labuan Bajo-Bali, dan Kertajati-Surabaya untuk penerbangan domestik. Sedangkan untuk penerbangan internasional pihaknya telah membuka rute Lombok-Kuala Lumpur dan Lombok-Perth.

Dari sana, emiten dengan kode saham CMPP di Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatatkan peningkatan tingkat keterisian 3 poin persen (“ppts”) di semester . "Menjadi rata-rata 84% dibandingkan periode yang sama tahun lalu," terangnya.

Selanjutnya untuk terus meningkatkan tingkat keterisian, ia bilang akan ada rute baru yang beroperasi yakni Jakarta-Belitung, Jakarta-Semarang, dan Jakarta-Sorong untuk penerbangan domestik. Untuk penerbangan internasional yaitu Belitung - Kuala Lumpur. Sekedar mengingatkan CMPP membidik pertumbuhan tingkat keterisian 10% sepanjang tahun ini.

Baca Juga: BEI suspensi saham AirAsia Indonesia (CMPP), ini sebabnya

Guna memfasilitasi penambahan rute baru dan mencapai target tingkat keterisian pihaknya juga berencana menambah 5 armada baru. Namun, hingga kini baru 1 armada baru yang ditambahkan sehingga ditargetkan menambah hingga 4 pesawat lagi sampai dengan akhir tahun 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×