kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkatkan transparansi, Kemhub akan perbarui konsep jembatan timbang


Senin, 23 Juli 2018 / 15:23 WIB
Tingkatkan transparansi, Kemhub akan perbarui konsep jembatan timbang
ILUSTRASI. Jembatan timbang


Reporter: Arsy Ani Sucianingsih | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam upaya menertibkan truk kelebihan muatan ataun over dimensi dan over loading (ODOL), pemerintah akan memperbaiki jembatan timbang. Hal ini sejalan dengan konsep pemerintah untuk memperbaiki kualitas.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setyadi mengatakan, sejak tahun 2017, Menteri Perhubungan telah berkomitmen untuk menertibkan truk bermuatan lebih.

Sehingga pada tahun ini pemerintah harus terus melaksanakan beberapa langkah untuk meningkatkan kepatuhan truk dengan muatan lebih.

“Konsep perbaikan kualitas ini bagian yang disampaikan oleh berbagai macam asosiasi,” ujar Budi saat melakukan Focus Group Discussion (FGD) di gedung Kadin, Senin (23/7).

Budi melanjutkan, yang akan dilakukan adalah transparansi. Yakni penggantian kaca pada jembatan timbang yang lebih lebar. Hal ini berlaku untuk jembatan timbang.

Selain itu, pengurangan sekat-sekat ruangan, dengan tujuan supaya tidak ada orang yang bicara di suatu tempat sehingga dapat mengurangi pungli. “Jadi kita harus menjamin aspek transparan. Lalu, bersih dan rapi, ketiga harus terang benderang, jadi kalau dulu lampu depan tidak terang sekarang kita terangkan semuanya,” imbuhnya.

Selain itu, harus informatif, semua petunjuk harus jelas sehingga mempermudah supir truk untuk menjalankan pemeriksaannya. Lalu aspek keselamatan dan keamanan harus dipenuhi.

Pada tahun ini, jembatan timbang yang sedang dibangun yakni pada daerah Balonggandu, Karawang. Dimana pembangunan ini telah dilakukan pada tahun 2017 silam.

“Tapi belum selesai karena kemampuan anggaran. Dengan ini merupakan bukti keseriusan kami untuk meningkatkan kapasitas dengan kualitas dari aspek pengawasan jembatan timbang,” jelasnya.

Selain itu, dalam jembatan timbang dengan konsep anyarnya, akan dilengkapi dengan gudang, mess dan perlengkapan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×