kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tips aman merenovasi rumah


Jumat, 24 Juni 2016 / 15:59 WIB
Tips aman merenovasi rumah


Sumber: rumahku.com | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Renovasi memang biasa dilakukan oleh para pemilik rumah, entah dalam jangka waktu dekat atau lama. Renovasi rumah bisa dilakukan melalui perbaikan besar maupun kecil. 

Setidaknya, renovasi memang perlu dilakukan guna mengubah tampilan hunian agar lebih indah.

Hanya saja, dalam merenovasi rumah terkadang si pemilik melakukan berbagai kesalahan. Sehingga biaya yang harusnya rendah, malah jadi besar karena berbagai hal yang tidak perlu. 

Atau, langkah memperbaiki rumah jadi merepotkan karena banyak menyisakan sisa pembuangann hasil renovasi yang tak tahu harus dibuang ke mana.

Untuk itu, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar proses renovasi berjalan dengan baik dan tidak merepotkan Anda selaku pemilik rumah. 

Dengan beberapa tips berikut ini, Anda juga tak hanya merenovasi, tapi bisa mendekorasi ulang berbagai ruangan sesuai selera.

1. Siapkan dana lebih

Sebelum melakukan renovasi, penting untuk mengalkulasi, berapa budget yang sekiranya dibutuhkan untuk perbaikan. Mulai dari biaya material hingga biaya tukang, semuanya perlu dihitung secara rinci. Setelah itu, jangan lupa untuk menyiapkan dana lebih sebagai cadangan jika terjadi hal–hal yang tidak diinginkan.

Dana cadangan yang dipersiapkan umumnya sekitar 20% dari total biaya renovasi Anda. Sehingga, jika perkiraan waktu tak sesuai dengan perkiraan dan harus membayar tukang lagi, atau material yang dihitung kurang saat realisasinya, Anda sudah tidak bingung lagi.

2. Pilih kontraktor

Jika perbaikan seperti menambal lubang kecil pada dinding, gipsum, atau hal-hal remeh lain, mungkin bisa dikerjakan sendiri. Tapi, tapi bagaimana jika perbaikannya cukup besar? Maka, memilih jasa kontraktor berpengalaman akan lebih disarankan.

Anda bisa mencari referensi untuk mencari jasa kontraktor berpengalaman dengan portofolio yang juga baik, yang tak hanya mampu merealisasikan bangunan seperti permintaan klien, tapi juga memberi solusi yang terbaik pada hunian Anda.

3. Jangan biarkan anak–anak dan Peliharaan Anda mendekat

Jika hanya pengecatan ulang dinding atau sekadar memasang keramik di lantai mungkin tak begitu menjadi masalah. Namun, jika renovasinya adalah memperbaiki dinding yang jebol, atau pemasangan atap rumah, sebaiknya jangan biarkan anak–anak atau peliharaan Anda mendekati lokasi renovasi jika Anda tidak ingin mereka terluka.

BERAPA BIAYA RENOVASI RUMAH 36M2? KLIK : properti.kontan.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×