kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tol Kediri-Tulungagung Segera Dibangun, Target Rampung Kuartal III-2025


Kamis, 29 Februari 2024 / 19:44 WIB
Tol Kediri-Tulungagung Segera Dibangun, Target Rampung Kuartal III-2025
Patok proyek pembangunan jalan tol Kediri-Tulungagung tertancap di area persawahan Desa Semen, Kediri, Jawa Timur, Sabtu (4/3/2023). Tol Kediri-Tulungagung dii Jatim Segera Dibangun, Target Rampung Kuartal III-2025.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), bersama dengan semua mitra kerja dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), tengah melanjutkan pembangunan Jalan Tol untuk ruas-ruas baru.

Pada 14 Desember 2023, melalui Surat Menteri nomor PB 0201-Mn/2954, telah diumumkan pemenang lelang pengusahaan Jalan Tol Kediri-Tulungagung sepanjang 44,17 Km, yang diinisiasi oleh PT Gudang Garam Tbk (GGRM). 

Pada tanggal 12 Februari 2024, pemrakarsa PT Gudang Garam Tbk membentuk BUJT baru bernama PT Surya Sapta Agung Tol.

Baca Juga: Gudang Garam (GGRM) Garap Tol Kediri-Tulungagung, Nilai Investasi Rp 9,92 Triliun

Jalan Tol Kediri-Tulungagung terdiri dari dua bagian yaitu Akses Tol Bandara Dhoho sepanjang 6,82 Km dan Jalan Utama (Seksi 1 + Seksi 2) Kediri – Tulungagung sepanjang 37,35 Km, termasuk Jalan Akses.

Biaya investasi untuk pembangunan Jalan Tol ini mencapai Rp 9,92 triliun dengan masa konsesi selama 50 tahun, mulai dari penerbitan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK). Konstruksi direncanakan dimulai pada Kuartal II tahun 2024, dengan target beroperasi pada Kuartal III tahun 2025.

Pelaksanaan proyek ini ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT), Perjanjian Regres, dan Perjanjian Penjaminan Jalan Tol Kediri – Tulungagung yang disaksikan langsung oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Baca Juga: Ekspansi ke Bisnis Jalan Tol, Ini Rekomendasi Saham Gudang Garam (GGRM)

"Realisasi proyek Jalan Tol ini merupakan keputusan bisnis yang sangat strategis sekaligus mempercepat konektivitas di salah satu ruas Jawa Timur. Jalan Tol ini akan menghubungkan dengan Jalan Tol Trans Jawa, serta jalan nasional Pansela, dan akan terhubung ke wilayah Mojokerto hingga Kediri," ujar Menteri Basuki dalam keterangan resminya, Kamis (29/2).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Miftachul Munir, menjelaskan bahwa pembangunan Jalan Tol Kediri – Tulungagung, yang berada di Provinsi Jawa Timur, akan menghubungkan Kota Kediri dan Kabupaten Kediri dengan Kabupaten Tulungagung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×