kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Toyota Astra Motor Raih Penjualan Ritel 237.442 Unit Mobil hingga Kuartal III


Jumat, 13 Oktober 2023 / 14:57 WIB
Toyota Astra Motor Raih Penjualan Ritel 237.442 Unit Mobil hingga Kuartal III
ILUSTRASI. Suasana diler Toyota Auto2000 di Jakarta.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Toyota Astra Motors (TAM) meyakini penjualan mobil Toyota di Indonesia tetap berpeluang moncer pada kuartal IV-2023.

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan retail (dealer ke konsumen) Toyota tercatat sebanyak 237.442 unit pada Januari-September 2023. Khusus bulan September 2023, penjualan retail Toyota mencapai 26.000 unit atau turun 5,35% dibandingkan bulan sebelumnya.

Marketing Director Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan, capaian penjualan Toyota per kuartal III-2023 lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang berada di kisaran 234.000 unit.

Dia juga menyebut, penurunan penjualan mobil pada September lalu masih tergolong normal. Apalagi, penurunan tidak hanya dirasakan oleh Toyota, melainkan juga pasar otomotif secara keseluruhan.

Baca Juga: Hyundai Capital Services Akuisisi 75,1% Saham Paramitra Multifinance

Toyota menilai, koreksi penjualan mobil pada September lalu salah satunya dipengaruhi oleh tingginya kegiatan transaksi jual-beli mobil pada Agustus silam. Kala itu, ada perhelatan GIIAS 2023 yang notabene merupakan pameran level internasional di mana banyak pabrikan yang merilis model baru lewat ajang tersebut. Wajar apabila ada lonjakan penjualan yang signifikan pada Agustus lalu.

“Sementara pada bulan September, terjadi normalisasi penjualan mobil ke kisaran level 26.000 unit yang merupakan rata-rata penjualan per bulan Toyota selama 2023 berjalan,” ungkap Anton, Jumat (13/10).

Kontributor utama penjualan Toyota hingga September masih berasal dari model-model MPV yakni hampir 60% yang meliputi Avanza, Veloz, dan Innova Zenix. Setelah itu, disusul oleh model-model SUV seperti Rush, Raize, dan Fortuner dengan porsi penjualan 25%.

Secara umum, Toyota memperkirakan dapat terus meraih penjualan mobil yang positif sampai akhir tahun nanti. Adanya tren pelemahan rupiah belakangan ini dinilai tidak begitu berdampak secara jangka pendek. Sebab, biasanya konsumen sudah jauh-jauh hari menyiapkan dana untuk membeli mobil baru.

Di sisi lain, Toyota tetap aktif memantau pergerakan kurs secara jangka menengah dan panjang untuk melihat dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. 

Baca Juga: Penjualan Mitsubishi Motors Berkurang pada September 2023, Begini Komentar MMKSI

“Pasar kendaraan roda empat sangat kuat korelasinya dengan pertumbuhan ekonomi,” jelas Anton.

Untuk saat ini, Toyota tetap melakukan evaluasi dan tidak serta merta mesti melakukan penyesuaian harga jual pada model-modelnya di pasar. Sebab, ada banyak faktor yang mempengaruhi harga jual mobil, bukan hanya volatilitas kurs.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×