kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Toyota kuasai 36,2% pasar mobil Indonesia


Rabu, 14 November 2012 / 10:37 WIB
Toyota kuasai 36,2% pasar mobil Indonesia
ILUSTRASI. 4 Rekomendasi Toner Untuk Kulit Berjerawat, Harga Bersahabat!


Reporter: Asnil Bambani Amri, Arif Wicaksono | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Sampai dengan Oktober tahun ini, Toyota berhasil mencatat penjualan sebanyak 333.991 unit. Kinerja penjualan itu sukses membawa  Toyota meraih pangsa pasar sebesar 36,2% dari total penjualan mobil nasional sebanyak 923.132 unit.

Kinerja penjualan Toyota dari januari-Oktober 2012 tersebut naik signifikan ketimbang waktu yang sama tahun lalu. Jumlah penjualan Toyota sepanjang tahun ini sampai Oktober naik 24% ketimbang waktu yang sama tahun lalu.

Sepanjang Januari—Oktober tahun lau, penjualan mobil Toyota baru mencapai 269.403 unit dengan pangsa pasar 36,1%. Pertumbuhan penjualan Toyota 10 bulan 2012 ini bahkan melebihi pertumbuhan penjualan mobil arat-arat nasional.

Dalam kurun Januari—Oktober 2012, total market nasional mencapai 923.132 unit atau tumbuh 23,7% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebanyak 746.184 unit.

Jumlah penjualan Toyota sampai Oktober 2012 tersebut juga melampaui realisasi penjualan satu tahun 2011 lalu yang baru mencapai 894.164 unit. Sepanjang Januari-Oktober, penjualan Toyota tertinggi terdapat di bulan Oktober dengan realisasi penjualan mencapai 106.807 unit.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan, mengatakan, pertumbuhan penjualan mobil tahun ini tak lepas dari kondisi pasar mobil di Tanah Air yang semakin bergairah. Hal itu didorong faktor pertumbuhan ekonomi masyarakat dan makin bervariasinya segmen dan model-model kendaraan bermotor.

“Dua bulan terakhir, penjualan Toyota naik setelah sempat turun Agustus 2012 akibat banyaknya hari libur. Tak hanya Toyota, secara nasional pasar mobil juga mengalami pertumbuhan luar biasa dengan rekor yang tercapai pada bulan lalu,” kata Johnny, kemarin (13/11).

Dia bersyukur atas pencapaian yang diraih sepanjang Januari—Oktober 2012 tersebut. Sebab, kenaikan penjualan mobil terjadi saat kebijakan pembatasan uang muka kredit diberlakukan oleh perbankan dan lembaga pembiayaan.

Sepanjang Januari—Oktober 2012, Toyota mencatatkan pertumbuhan hampir di semua segmen kendaraan penumpang, yakni sedan, compact car, SUV, dan 4x4. Sementara, untuk kelas commercial vehicle pertumbuhan dialami pickup dan kendaraan 2 ton.

Pada segmen sedan, Toyota memimpin dengan dengan total penjualan 16.472 unit atau pangsa pasar 56,8% pada Januari—Oktober 2012. Pencapaian ini didorong oleh kontributor utama entry sedan –yang salah satunya line up product Vios—, dengan total penjualan 11.893 unit.

Di segmen compact car, Toyota Yaris juga menunjukkan dominasinya dengan penjualan total 22.397 unit atau market shares 36% pada 10 bulan pertama 2012. Pangsa pasar Yaris pada periode ini tumbuh dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebanyak 16.059 unit atau market shares 28,7%. 

Dalam sepuluh bulan pertama 2012, penjualan Toyota di kelas MPV sebanyak 220.945 unit, dengan pangsa pasar 53,9%. Toyota terus memperlihatkan dominasinya berkat dua produk andalannya yang menguasai segmen masing-masing, yakni Toyota Avanza sebesar 49,5% dan Toyota Kijang Innova sebesar 72,7%.

Di kelas SUV, penjualan Toyota sepanjang Januari—Oktober 2012 tercatat sebanyak 45.086 unit dengan pangsa pasar 42,2%, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebanyak 30.675 unit dengan pangsa pasar 36,4%.

Pertumbuhan penjualan SUV Toyota didorong oleh dua line up andalannya, yakni Toyota Rush dan Toyota Fortuner. Dalam kurun sepuluh bulan, Toyota Rush sudah membukukan total penjualan 28.741 unit dengan market shares 48,9%. Jumlah ini naik cukup signifikan dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebanyak 20.409 unit dengan pangsa pasar 44,9%.

Sementara itu, periode yang sama, line up product Toyota di segmen SUV lainnya, Toyota Fortuner 4x2 tercatat membukukan penjualan 16.345 unit atau menguasai pangsa pasar 34,8%. Jumlah ini naik dibandingkan dengan Januari—Oktober 2011 sebanyak 10.266 unit dengan market shares 26,9%.

Di lain pihak, pangsa pasar kendaraan niaga Toyota juga mengalami pertumbuhan pada sepuluh bulan pertama tahun ini. Di segmen pickup, penjualan Toyota tercatat sebanyak 10.473 unit, dengan market shares 6,9%, sedangkan kendaraan 2 ton membukukan total penjualan 17.170 unit dengan pangsa pasar 18,8%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×