kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ingin tahu apa yang lagi trend, coba Google Trends


Selasa, 13 November 2012 / 11:45 WIB
Ingin tahu apa yang lagi trend, coba Google Trends
ILUSTRASI. Herborist


Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Mungkin banyak dari Anda yang tidak mengetahui aplikasi Google Trends. Padahal, aplikasi ini sangat berguna bagi Anda yang ingin mengetahui informasi mengenai apa saja yang sedang menjadi trend di Indonesia ataupun mancanegara dalam kurun waktu lalu atau sekarang.

"Google Trends adalah fasilitas atau aplikasi web berdasarkan Google Search yang menunjukkan seberapa sering sebuah istilah pencarian tertentu yang dicari oleh pengguna internet," ujar Vishnu K. Mahmud, Head of Communications Google Indonesia kepada KONTAN di Jakarta, Senin (12/11).

Google Trends ini bisa diakses di http://www.google.co.id/trends, dan dapat digunakan untuk kata kunci apa saja, dimulai dari brand, berita, industri, politisi ataupun selebriti. 

Cara mengakses aplikasi ini pun sederhana. Pengguna tinggal memasukkan kata kunci yang ingin dicari untuk melihat berapa banyak user yang menggunakan istilah pencarian itu. Lalu, apabila pengguna ingin mengetahui siapa atau brand apa yang paling trendi antara brand-brand yang ada, pengguna dapat pula menggunakan aplikasi Google Trends ini.

"Misalnya, kamu ingin mencari brand mobil mana yang paling trend di antara Toyota, Hyundai, atau Mitsubishi. Maka kamu tinggal menuliskan kata itu, lalu akan keluar pencariannya mana yang paling trend berdasarkan banyaknya user internet yang mencari brand-brand tas tersebut," jelas Vishnu.

Hasil yang keluar dalam aplikasi Google Trends tidak menunjukkan berapa orang yang mencari kata kunci tersebut, melainkan sebuah nomor index yang mewakili total pencarian pada kurun waktu itu.

Dan, lanjut Vishnu, untuk periodenya sendiri, kita bisa memilih di periode waktu apa yang ingin kita ketahui. Ada periode waktu per 30 hari, per enam bulan, per satu tahun, dan dari tahun 2004. Selain itu, pencariannya pun tidak hanya lingkup Indonesia saja, pengguna dapat memilih di berbagai negara di luar Indonesia.

"Aplikasi Google Trends sudah lama, tetapi memang belum banyak dikenal oleh masyarakat," ungkap Vishnu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×