kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45957,11   6,96   0.73%
  • EMAS989.000 9.409,62%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Toyota Motor (TMMIN) Targetkan Ekspor Kendaraan Naik 51% di 2022


Kamis, 23 Juni 2022 / 19:41 WIB
Toyota Motor (TMMIN) Targetkan Ekspor Kendaraan Naik 51% di 2022
ILUSTRASI. Ratusan kendaraan siap ekspor terparkir di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (16/3/2022).


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) tahun ini menargetkan bisa mencapai angka ekspor kendaraan bermerek Toyota mencapai 284.000 unit atau naik 51% dibandingkan pencapaian ekspor di 2021.

Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azzam mengungkapkan, Toyota Indonesia akan terus berupaya untuk meningkatkan kinerja ekspor dengan menyediakan kendaraan berkualitas global yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pasar, sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong ekspor.

"Kami menilai, katalis positif di Indonesia bisa dilihat dari situasi ekonomi yang terus membaik di Indonesia maupun global juga menjadi salah faktor pendorong kenaikan ekspor pada tahun ini didukung pula oleh situasi pandemi yang berangsur-angsur pulih," tuturnya, Kamis (23/6).

Ia melanjutkan, optimisme ekspor ini juga dibayangi dengan kondisi global supply chain imbas dari pandemi yang terus mengancam.

Baca Juga: Grup Astra Masuk Bisnis Mobil Listrik dan Pertambangan Non-Batubara, Begini Agendanya

TMMIN terus berupaya untuk berkontribusi pada ekspor otomotif nasional dengan selalu menjaga kualitas produk Toyota Indonesia salah satunya dengan memastikan peningkatan kapabilitas SDM secara terus menerus.

Saat ini, TMMIN mengekspor kendaraan ke lebih dari 80 negara di Asia, Afrika, Karibia, Amerika Latin, dan Timur Tengah. Optimisme pencapaian ekspor ke depannya dibayangi dengan kondisi global supply chain imbas dari pandemi yang masih terus mengancam.

Namun demikian, pihaknya tetap berkomitmen untuk dapat memenuhi permintaan global serta memperluas kegiatan ekspor dengan mempertimbangkan permintaan dan tren pasar serta mengoptimalkan demografi strategis Indonesia.

Lebih lanjut, selain Pelabuhan Tanjung Priok, sejak 2021 TMMIN telah memanfaatkan Pelabuhan Patimban dalam kegiatan ekspornya. TMMIN mendukung upaya pemerintah untuk memastikan Pelabuhan Patimban kompetitif sesuai standar internasional dengan operasi yang aman dan efisien sehingga kebutuhan proses logistik untuk menjamin kualitas sampai di negara tujuan ekspor dapat terpenuhi.

Pihaknya terus melakukan diskusi dengan pemerintah dan terlibat aktif untuk meningkatkan daya saing logistik nasional.

Baca Juga: TMMIN Sebut Sudah Siapkan Berbagai Hal untuk Produksi Mobil Hybrid pada Tahun Ini

"Kami berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan industri otomotif dan meningkatkan ekspor mobil untuk membantu memperbaiki neraca perdagangan nasional. Sejalan dengan target pemerintah, Toyota Indonesia terus memperluas ekspor dan selalu menjajaki peluang ekspor ke negara-negara tujuan baru khususnya yang memiliki FTA. Salah satu realisasinya, Toyota ID telah melakukan ekspor CBU ke Australia menggunakan skema IA-CEPA," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×