kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trafik diprediksi naik 20% di musim Lebaran, ini persiapan XL Axiata


Minggu, 09 Mei 2021 / 17:17 WIB
Trafik diprediksi naik 20% di musim Lebaran, ini persiapan XL Axiata
ILUSTRASI. Seorang teknisi melakukan pemeliharaan perangkat Base Transceiver Station (BTS) milik XL Axiata ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/wsj.


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Menghadapi masa libur panjang Lebaran tahun ini, XLAxiata telah melakukan persiapan jaringan. Antara lain meningkatkan kapasitas hingga dua kali dari kondisi hari normal, optimisasi di area pemukiman serta lokasi tujuan wisata. Peningkatan kualitas jaringan juga di sepanjang jalur transprortasi darat di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi.

Selain itu, skenario rekayasa jaringan juga telah disiapkan jika terjadi kepadatan trafik di suatu lokasi. Termasuk dalam persiapan ini adalah pengerahan sekitar 40 unit Mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik,

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, meskipun ada larangan mudik, trafik kemungkinan tetap akan naik secara signifikan seperti Lebaran tahun lalu. “Kami memperkirakan, trafik meningkat sekitar 20% di layanan data. Layanan streaming video/musik, instant messenger, gim, dan media sosial akan mendominasi. Selain itu, layanan video conference dan video call naik sebagai saranan bersilaturahmi karena banyak pelanggan yang tidak bisa mudik dan berkunjung ke sanak famili,” terang Gede, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (7/5).

Persiapan jaringan lain berupa pengaturan trafik internet ke arah upstream arah Malaysia dan Australia menjadi 1,5 kali. Lalu menggunakan 2 exchange Singapura dan Australia.

Selanjutnya, tim XL Axiata mengidentifikasi sekitar 800 titik lokasi yang menjadi pusat mobilitas masyarakat. Antara lain pusat perbelanjaan dan lokasi wisata serta tempat ibadah.

Meski ada larangan mudik, optimisasi jaringan juga tetap dilakukan. Yakni sepanjang jalur tol Jawa dan Sumatera, bandar udara, terminal bus antarkota, pelabuhan penyeberangan, stasiun kereta. 

Selain itu, XL Axiata tetap memastikan kualitas jaringan di semua wilayah layanan. Termasuk di berbagai kota dan area yang selama ini dikenal sebagai tujuan utama mudik.

Meskipun kemungkinan tidak akan seramai saat lebaran sebelum pandemi, XL Axiata tetap melakukan antisipasi agar setiap kebutuhan pelanggan atas layanan telekomunikasi dan data tetap terpenuhi secara maksimal.

Tahun lalu, libur Lebaran meningkatkan penggunaan layanan telekomunikasi dan data yang cukup signifikan. Ya itu rata-rata meningkat sekitar 25%. Dari jenis layanan, kenaikan trafik tertinggi ada pada akses ke layanan instant messaging, video call atau video conference, social network service, dan streaming.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×