kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Transaksi Ramadan Shopee melonjak lima kali lipat


Rabu, 06 Juni 2018 / 21:22 WIB
Transaksi Ramadan Shopee melonjak lima kali lipat
ILUSTRASI. Shopee


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bulan Ramadan membawa angin segar bagi pelaku ecommerce, termasuk Shopee. Melalui Shopee Big Ramadhan Sale yang digelar 14 Mei hingga 17 Juni 2018.

Guna tingkatkan transaksi, Shopee gelar tiga program yakni goyang hujan emas, grand prize, dan potongan harga hingga 90%. Data internal Shopee mencatat puncak Big Ramadhan Sale pada 25-31 Mei berkat tunjangan hari raya (THR) mulai cair. Sedangkan puncak kedua gelombang kedua pada big sale pada 1-6 juni 2018.

"Meskipun masih berlangsung, transaksi Ramadan tahun ini meningkat 500% dibandingkan Ramadhan tahun lalu. Puncak transaksi tertinggi dengan volume transaksi 1,5 juta transaksi dalam satu hari terjadi pada 28 Mei dan 4 Juni 2018," ujar Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar pada Rabu (6/6) di kantor Shopee.

Padahal tahun lalu, di Ramadan rata-rata volume transaksi Shopee hanya 300.000 transaksi per hari atau selama satu bulan Ramadan 2017. Shopee punya kurang lebih 9 juta transaksi.

Selain itu, platform Shopee dikunjungi oleh 555 juta kunjungan. Pada minggu cairnya THR, transaksi kategori bulan muslim, produk-produk kecantikan, dan elektronik naik tiga kali lipat dibandingkan hari awal puasa.

Padahal tahun lalu, produk elektronik belum menjadi pilihan favorit pada periode Ramadan. Ramadhan kali ini, Shopee menyediakan lebih dari 97 juta produk (SKU) aktif.

Asal tahu saja, pada kuartal ke-4 2017, Gross Merchandise Value (GMV) Shopee secara regional mencapai US$ 1,4 miliar. Sedangkan pada kuartal ke-1 2018, GMV Shopee secara group naik US$ 1,9 miliar. Sedangkan Shopee Indonesia mampu menyumbang 40% dari GMV regional.

Rezki melanjutkan pada bulan Ramadhan Shopee menjangkau ke 515 kota dan kabupaten di Indonesia. Bahkan transaksi pun mulai merata di setiap daerah. Terkait pengiriman logistik, Rezki mengatakan tergantung dari mitra logistik. Namun ia yakin proses logistik dapat terselesaikan.

"Pengguna Shopee sudah menghemat hingga Rp 1,2 triliun. Angka ini berasal dari promo dan potongan harga baik dari seller maupun dari Shopee," pungkas Rezki.

Kini Shopee Indonesia memiliki mitra penjual sebanyak 2 juta. Shopee Indonesia sudah diunduh oleh 48 juta pengguna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×