kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tren belanja online menanjak, pengiriman J&T Express naik 25% pada semester I-2021


Jumat, 13 Agustus 2021 / 19:29 WIB
Tren belanja online menanjak, pengiriman J&T Express naik 25% pada semester I-2021
ILUSTRASI. Aktivitas penyortiran paket perusahaan jasa pengiriman J&T Express.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren belanja online yang menanjak selama masa pandemi mendongkrak volume pengiriman jasa logistik cepat. Kondisi ini juga turut dirasakan oleh J&T Express yang mencatatkan pertumbuhan traffic pengiriman pada paruh pertama 2021.

CEO J&T Express Indonesia Robin Lo menyampaikan, dalam periode semester pertama 2021, pengiriman J&T Express tumbuh sekitar 25% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Pertumbuhan trafik pengiriman didominasi dari belanja online.

"Karena adanya tren belanja online yang semakin meningkat setiap tahun, yang mana memerlukan jasa pengiriman sebagai penunjangnya," kata Robin kepada Kontan.co.id, Jum'at (13/8).

Sebagai informasi, pelanggan J&T Express telah mencapai 100 juta di seluruh Indonesia. Saat ini pengiriman paket per hari mencapai 2,5 juta paket di hari normal dan meningkat di masa peak season. J&T Express memiliki lebih dari 2.000 gerai drop point yang memungkinkan untuk menjangkau seluruh Indonesia.

Baca Juga: Jasa logistik ekspres tumbuh hingga 30% pada semester I-2021

Robin bilang, pelayanan pada pelanggan menjadi pusat pengembangan bisnis J&T Express. "Di era digitalisasi ini kami kerap kali berkomunikasi dua arah dengan pelanggan secara digital dan melalui sosial media. Termasuk mensosialisasikan informasi maupun program yang diadakan khusus kepada pelanggan," ujarnya.

J&T Express pun menghadirkan tiga layanan yang dapat menjadi pilihan bagi pelanggan. Mulai dari layanan EZ ataupun regular, layanan J&T Eco, dan J&T Super yang lebih cepat dan premium.

Namun dari sisi rencana dan strategi pengembangan bisnis, Robin masih belum membuka nilai investasi yang disiapkan J&T Express. Yang terang, Robin melihat peluang industri logistik di Indonesia akan semakin prospektif seiring dengan ramainya investasi di sektor ini, serta terus bertumbuhnya ekonomi digital.

"Kami melihat adanya peluang industri logistik kedepannya dimana logistik ini tidak lepas dari pertumbuhan e-commerce dan transaksi belanja online sehingga tentunya adanya peluang untuk semakin berkembang," ungkap Robin.

Promo gratis ongkir di HUT RI ke-76

Dalam rangka pencapaian 100 Juta pelanggan, J&T Express memberikan apresiasi kepada pelanggan setinya dengan serangkaian program digital dan social media #100JutaPelangganJNT.

Puncak program Merdeka Kirim Paket diselenggarakan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, yang  mana pelanggan dapat mengirimkan paket dengan gratis ongkir ke seluruh Indonesia.

Program gratis ongkos kirim 100% yang berlangsung khusus pada 17 Agustus 2021 ini berlaku di aplikasi, hotline dan Drop Point J&T Express dari dan ke seluruh Indonesia dengan pengiriman maksimal 5x per orang dan berat maksimal 3 kg per transaksi. 

Untuk memudahkan dan mempercepat prosedur pengiriman paket di area drop point maupun pick up ditengah situasi pandemi, J&T Express melakukan efisiensi melalui aplikasi. Dengan melakukan pengisian data pengiriman pada aplikasi, pelanggan akan mendapatkan barcode yang hanya perlu discan petugas J&T untuk mendapatkan nomor resi.

Baca Juga: Anteraja resmi gandeng Grab untuk perluas layanan pengiriman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×