kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tren Industri Oleokimia Positif, Apolin Perkirakan Nilai Ekspor Capai US$ 5,96 Miliar


Kamis, 29 Desember 2022 / 13:57 WIB
Tren Industri Oleokimia Positif, Apolin Perkirakan Nilai Ekspor Capai US$ 5,96 Miliar
Ketua Umum Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (Apolin), Rapolo Hutabarat


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Perkembangan industri oleokimia menunjukkan perkembangan positif dalam tiga tahun terakhir. Hal ini tergambarkan dalam data volume dan nilai ekspor produk oleokimia yang dirilis Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (Apolin).

Ketua Umum Apolin Rapolo Hutabarat mengatakan, merujuk kepada kinerja ekspor produk-oleochemical selama tiga tahun terakhir menunjukkan perkembangan industri oleokimia lndonesia tumbuh positif. 

"Faktor penopangnya adalah semua sektor industri yang menggunakan oleokimia meningkat permintaannya termasuk industri sanitasi, kosmetik, farmasi, pariwisata, konstruksi (baja) dan transportasi (ban),” ujar Rapolo dalam keterangannya, Kamis (29/12).

Baca Juga: Targetkan Ekspor Meningkat 11,9%, Industri Oleokimia Hadapi Kendala Harga Gas

Dari data Apolin, volume ekspor oleokimia lndonesia terus bertumbuh dalam tiga tahun ini. Pada 2019, volume ekspor produk oleokimia sebesar 3,18 juta ton dan selanjutnya meningkat menjadi 3,87 juta ton pada 2020. 

Memasuki tahun 2021, volume ekspor naik menjadi 4,19 juta ton dan diperkirakan tahun 2022 ini sebesar 4,16 juta ton.

Seiring kenaikan volume ekspor mempengaruhi peningkatan dari segi nilai. Rapolo menjelaskan nilai ekspor produk oleokimia tahun ini diperkirakan mencapai US$ 5,96 miliar. 

Ada kenaikan dari tahun 2021 yang sebesar US$ 4,41 miliar dan tahun 2020 sebesar US$ 2,03 miliar. 

Rapolo menjelaskan pertumbuhan industri oleokimia ini berkat dukungan pemerintah Indonesia melalui kebijakan gas murah sebesar US$6/MMBTU. Adapula dukungan dari kebijakan tax holiday dan tax allowance. 

Baca Juga: GIMNI minta kepastian revisi pungutan ekspor sawit

Namun pelaku usaha berharap adanya dukungan dari sistem logistik nasional karena sampai sekarang ini belum ada kejelasan dari aspek regulasi.

“Pelaku usaha masih menunggu UU Sistem Logistik Nasional yang belum digagas oleh pemerintah maupun legislatif sebagai hak inisiatifnya,” ujar Rapolo.

Rapolo menjelaskan bahwa secara nasional kapasitas olah industri oleokimia lndonesia sepanjang 2022 ini berkisar 60%-65% dan ini perlu ditingkatkan lagi. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×