kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trinitan Metals (PURE) buat program Green+ untuk tata kelola nikel ramah lingkungan


Kamis, 04 Maret 2021 / 18:27 WIB
Trinitan Metals (PURE) buat program Green+ untuk tata kelola nikel ramah lingkungan
ILUSTRASI. Aktivitas pengolahan mineral berteknologi hidrometalurgi oleh PT Trinitan Metals and Minerals Tbk (PURE)


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Trinitan Metals and Minerals Tbk (PURE) melalui entitas anak perusahaannya, yaitu PT Hydrotech Metal Indonesia (HMI) saat ini tengah menginisiasi sebuah program bernama Green Plus Program (Green+) yang berfokus pada aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (LST). 

Program ini merupakan salah satu upaya PURE dan HMI untuk mewujudkan tata kelola nikel nasional yang ramah lingkungan.

Pada aspek lingkungan, Green+ memiliki beberapa inisiatif seperti pengurangan emisi karbon, manajemen residu, maupun program rehabilitasi lingkungan. Untuk aspek sosial, Green+ juga memiliki beberapa inisiatif seperti tenaga kerja, hak asasi manusia, masyarakat, dan tanggung jawab produk. 

Sedangkan untuk aspek tata kelola, Green+ memiliki inisiatif untuk mewujudkan struktur kebijakan tata kelola perusahaan dan struktur tata kelola perusahaan yang baik.

Direktur Utama HMI Widodo Sucipto menjelaskan bahwa Green+ merupakan sebuah program untuk menjamin atau mensertifikasi bahwa teknologi hidrometalurgi Step Temperature Acid Leach (STAL) yang dioperasikan oleh pelaku industri sudah memprioritaskan lingkungan hidup, untuk mencapai ekonomi rendah karbon, serta berdaya bahan dan sumber daya yang efisien.

Baca Juga: Trinitan Metals & Minerals (PURE) ingatkan 2 hal ini terkait hilirisasi nikel

Menurut dia, Green+ akan memastikan bahwa teknologi STAL yang dioperasikan sudah dilengkapi oleh kontrol digital yang mampu mengeluarkan data gas buang, maupun limbah olahan secara real time dan dapat terhubung dengan pihak yang berkepentingan agar potensi pencemaran lingkungan dapat terdeteksi secara lebih dini.

“Green+ juga menargetkan terciptanya penurunan emisi karbon secara bertahap dalam proses STAL melalui peningkatan efisiensi energi maupun penggunaan energi alternatif, salah satunya adalah alternatif energi terbarukan. Untuk itu, Green+ akan menggandeng para ahli dalam melakukan pengukuran maupun riset terkait penurunan emisi karbon,” ungkap Widodo dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Kamis (4/3).

Kemudian, Green+ akan memastikan bahwa residu yang dihasilkan oleh STAL pada dasarnya sudah terbebas dari reaksi kimia Sulphuric Acid, sehingga dapat diolah kembali menjadi produk samping (by-product) berupa iron ore dan batu bata (brick). 

Selain itu, Green+ juga akan memastikan bahwa pemilik Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang menggunakan teknologi STAL memiliki komitmen untuk menjalankan kegiatan rehabilitasi lingkungan dengan melakukan penanaman kembali di lokasi penambangan.

“Melalui Green+, kami ingin mewujudkan tata kelola nikel nasional yang ramah lingkungan, sekaligus tetap memperhatikan aspek sosial. Salah satunya adalah dengan memberdayakan komunitas masyarakat di daerah, serta melarang eksploitasi anak di bawah umur, mulai dari kegiatan penambangan hingga proses pengolahan,” pungkas Widodo.

Selanjutnya: Lagi, pemegang saham pengendali lepas sebagian saham Trinitan Metals (PURE)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×