kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tumbuh 3 digit, merek pakaian lokal Livehaf ekspansi ke segmen wanita


Senin, 22 Juni 2020 / 16:13 WIB
Tumbuh 3 digit, merek pakaian lokal Livehaf ekspansi ke segmen wanita


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis fashion terutama pakaian memang tidak pernah ada habisnya, pasalnya pakaian masuk ke dalam kebutuhan sandang, pangan dan papan. Selain menjadi kebutuhan, pakaian juga jadi fashion yang merupakan bagian dari gaya hidup.

Beberapa tahun terakhir pun, clothing brand lokal mulai naik daun dengan produknya yang apik dan kualitas yang tak kalah dari brand luar. Salah satu clothing brand Indonesia yang kini tengah naik daun yakni Livehaf pun mulai ekspansi untuk menggaet pasar yang lebih luas.

Brand fashion yang dirintis Arif Hidayat pada 2015 lalu terus berkembang dari yang awalnya hanya menyediakan t-shirt sablon, kini telah berkembang produknya hingga tas dan sepatu.

Arif sebagai Founder dan CEO membawa Livehaf yang semula hanya dipasarkan melalui Instagram hingga masuk ke marketplace dan kini lebih dekat dengan konsumennya.

Baca Juga: Ingin produk UMKM bersaing di marketplace? Menteri Teten Masduki imbau ini

Menurutnya, kualitas Livehaf tidak kalah dengan brand luar negeri, karena beberapa tempat produksinya juga memproduksi brand luar yang harganya jauh lebih mahal.

Tak seperti brand lainnya, Livehaf menjual produknya 70% lebih terjangkau, dan selalu menggratiskan ongkos kirim (ongkir) se-Indonesia dari Aceh hingga Papua untuk minimum pembelian Rp 250.000.

"Kami menawarkan penukaran size secara gratis jika produk kebesaran atau kekecilan dan kami memberikan garansi uang 100% jika produk yang dipakai tidak cocok. Jadi hampir tidak ada risiko belanja di Livehaf," ujar Arif, Senin (22/6)

Livehaf menjual pakaian daily wear untuk pria dan wanita, dengan range harga yang terjangkau Rp 49.000 - 250.000. Dengan kualitas yang bagus, produknya pun diterima dengan baik di pasar. Hal ini dibuktikan dengan pengembangan produk yang dilakukan dan pertumbuhan bisnis Livehaf sebesar tiga digit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Livehaf bisa di posisi ini dengan selalu melakukan riset terlebih dahulu. Mencari uang itu susah, maka saya berhati-hati dalam setiap pengambilan keputusan," ujarnya.

Saat ini, meski situasi sedang sulit, dia pun tidak berhenti berupaya dan berinovasi. Livehaf berencana memperluas pangsa pasarnya ke pakaian wanita dan melengkapi produknya. Apalagi 25% pembeli Livehaf sekarang adalah wanita, ia pun bersemangat untuk mengembangkan produknya di segmen ini.

"Di new normal yang tidak menentu ini, kami akan membuat tempat produksi sendiri agar bisa menekan harga produksi. Harapannya, harga bisa lebih terjangkau karena di kondisi ekonomi yang tidak menentu, pelanggan lebih pemilih dan berhati-hati ketika berbelanja," lanjutnya.

Sebelum memulai bisnis Livehaf, Arif pun telah mencoba berbagai bisnis lainnya namun tidak berhasil. Di awal meniti karirnya pun, Arif mendapatkan pelajaran bahwa harus lebih berhati-hati dalam menaruh kepercayaan. "Dulu awalnya memulai bisnis dari ikan hias, hanya Rp 200.000 sebulan, dengan keuntungan Rp 70.000-an saja karena memang belum mengerti apa-apa pada saat itu," kenangnya.

Saat ini Arif telah memfokuskan seluruh waktunya untuk mengembangkan Livehaf menjadi brand nomor 1 di Indonesia. Dia percaya bahwa untuk mencapai kesuksesandibutuhkan fokus pada satu bidang, tidak boleh lompat-lompat industri.

Baca Juga: Hadapi new normal, Trisula Textile (BELL) fokus kembangkan diversifikasi produk

Komitmen ini pun membuat Livehaf bisa bertahan di tengah kondisi sulit akibat pandemi Covid-19 yang memukul berbagai sektor bisnis. Meski saat ini Livehaf ikut terpukul, namun masih dapat membayarkan gaji karyawan tanpa pengurangan sama sekali.

"Livehaf tetap sustain di kondisi sekarang karena menyediakan barang yang harganya cukup terjangkau, dan kami beradaptasi dengan masuk ke marketplace juga. Saya berharap merek fashion Indonesia bisa menjadi nomor 1 di dunia mengalahkan merek ternama, karena sebagian besar merek ternama di luar negeri tersebut juga banyak diproduksi di Indonesia," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×