kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Utomo SolaRUV dan Solar Radiance Teken Kerja Sama Dorong Akselerasi Transisi Energi


Kamis, 15 September 2022 / 15:31 WIB
Utomo SolaRUV dan Solar Radiance Teken Kerja Sama Dorong Akselerasi Transisi Energi
ILUSTRASI. Dorong Akselerasi Transisi Energi, Utomo SolaRUV dan Solar Radiance Teken Kerja sama


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presidensi G20 menjadi momentum Indonesia untuk mendorong upaya akselerasi transisi energi. Akselerasi transisi energi bisa didorong dari pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Sekedar informasi saja, Indonesia memiliki sumber energi surya yang sangat melimpah dengan intensitas radiasi matahari rata-rata sekitar 4.8 kWh/m² per hari.

Melihat fakta tersebut, distributor dan pusat pelayanan resmi produsen panel surya Tier-1 merk LONGi, PT Utomo Juragan Atap Surya Indonesia atau yang lebih dikenal dengan merk Utomo SolaRUV terus membangun kerjasama strategis, salah satunya melalui kerjasama Master Sales Agreement dengan PT Masdar Mitra Solar Radiance. 

Baca Juga: Instalasi PLTS Atap Kian Diminati Sektor Komersial dan Industri

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan oleh Anthony Utomo selaku Managing Director Utomo SolaRUV dan Widyatama Saptodewo selaku President Director Solar Radiance yang disaksikan langsung oleh Ketua Umum AESI (Asosiasi Energi Surya Indonesia) Fabby Tumiwa.

“Kami selaku mitra produsen global modul surya LONGi di Indonesia tentu menyambut baik kerjasama strategis dengan pengembang PV Solar Radiance yang adalah bagian dari konglomerasi Masdar dan Mitrabara. Kerjasama ini akan mengakselerasi pengembangan dan akses Distributed Energy sebagai bagian pemenuhan dari strategi nasional kita untuk dekorbonisasi industri dan transisi energi bersih di Indonesia," ujar Anthony yang juga adalah Head of Business Development APLSI (Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia) dalam keterangan yang diterima KONTAN, Rabu (14/9).

Disisi lain, PT Masdar Mitra Solar Radiance sendiri adalah Joint Venture atau perusahaan patungan antara Masdar yakni perusahaan multinasional berpusat di Uni Emirat Arab dan PT Mitrabara Adiperdana Tbk yakni perusahaan nasional pertambangan batubara. PT Masdar Mitra Solar Radiance memiliki target untuk mengembangkan energi terbarukan sebagai Provider Rooftop Solar Panel dengan target yang sangat agresif dalam beberapa tahun kedepan.

“Pemilihan LONGi dan PT. Utomo Juragan Atap Surya Indonesia selaku mitra strategis melalui Master Sales Agreement (MSA) yang baru saja ditandatangani tentu melalui banyak pertimbangan, utamanya pelayanan, kredibilitas dan after sales yang mampu mendukung pengembangan bisnis PT Masdar Mitra Solar Radiance. Ini juga merupakan upaya dari parent company kami PT Mitrabara Adiperdana Tbk untuk beradaptasi melalui penyediaan sistem Rooftop Solar Panel yang handal yang berkualitas global bersama dengan mitra kami Masdar di Indonesia," kata Widyo.

Baca Juga: Pangkas Pemanfaatan PLTS Terbesar Hingga 40%, Vietnam Jauh dari Energi Terbarukan

Utomo SolaRUV sendiri mendukung upaya akselerasi transisi energi oleh entitas bisnis menengah hingga besar. Komponen modul surya dipastikan berlabel SNI sesuai ketentuan Peraturan Menteri ESDM Nomor 2 Tahun 2021. Utomo SolaRUV juga menggandeng produsen inverter global, Sungrow, untuk menggarap potensi energi surya di Indonesia.

“Indonesia memiliki potensi yang luar biasa besar. Dan inisiatif antar organisasi seperti Utomo SolaRUV dan Solar Radiance ini harus didukung karena akan menumbuhkan lapangan kerja hijau, akses ke teknologi dan ujungnya memperkuat ekosistem antar pelaku usaha di Indonesia sehingga konsumen atau pengguna mendapatkan penghematan dan akses ke pengembang kelas dunia di industri energi bersih tanah air," tutur Fabby Tumiwa selaku Ketua Umum AESI (Asosiasi Energi Surya Indonesia).

Kerjasama antara Utomo SolaRUV dan Solar Radiance diharapkan menjadi pemicu akselerasi transisi energi. Sebagai distributor resmi dan pusat service center produsen komponen PLTS Atap level dunia, Utomo SolaRUV menjamin kualitas dan mutu produk-produk yang mereka distribusikan ke konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×