kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vaksinasi jadi tulang punggung moncernya ekspor KICI ke AS tahun ini


Senin, 24 Mei 2021 / 10:12 WIB
Vaksinasi jadi tulang punggung moncernya ekspor KICI ke AS tahun ini
ILUSTRASI. Penjualan Kedaung Indah Can (KICI) ke pasar AS tumbuh signifikan hingga 77,16% secara tahunan pada 2020.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen enamel dan kaleng PT Kedaung Indah Can Tbk (KICI) menyebut penjualan ke pasar ekspor Amerika Serikat (AS) mencatatkan kinerja yang positif di tiga bulan pertama tahun ini. Program vaksinasi yang tengah digencarkan di sejumlah negara, diklaim menjadi penyebab meningkatnya penjualan ekspor ke Negeri Paman Sam. 

"Dengan telah dilaksanakannya vaksin, ekonomi AS mulai beranjak ke arah pemulihan, momen ini yang dimanfaatkan perseroan untuk dapat meningkatkan penjualan ekspor ke AS," ujar Sekretaris Perusahaan Kedaung Indah Can, Ing Hidayat Karnadi kepada Kontan.co.id, Sabtu (22/5) lalu. 

Namun, manajemen KICI belum bisa bicara detail menyoal total penjualan KICI di pasar AS, lantaran KICI belum secara resmi merilis kinerja keuangan kuartal pertama 2021. Adapun, melansir laporan keuangan pada tahun 2020, penjualan KICI ke pasar AS tumbuh signifikan hingga 77,16% secara tahunan dari semula Rp 8,36 miliar di tahun 2019 menjadi Rp 14,82 miliar di tahun 2020. 

Ing mengungkapkan, produk yang paling diminati di pasar AS adalah produk-produk enamel kitchenware dengan desain khusus. Maka dari itu untuk ke depannya, KICI akan terus berupaya menggenjot penjualan baik itu di pasar ekspor maupun domestik.

Baca Juga: Ekspor Kedaung Indah (KICI) tahun ini ditargetkan naik dua digit

KICI pun menargetkan untuk mempertahankan kinerja penjualannya seperti di tahun lalu. "Untuk tahap awal target masih sama, dengan mempertahankan penjualan seperti tahun lalu karena penjualan kami di tahun 2020 tidak terlalu mengalami kontraksi," ujar dia. 

Berdasarkan laporan Kontan.co.id sebelumnya, KICI disebut akan memanfaatkan setiap peluang bisnis yang ada untuk menggenjot penjualan, salah satunya dengan memaksimalkan kinerja di pasar AS yang diyakini cukup menjanjikan, terutama untuk produk enamel. 

Sebenarnya, upaya KICI meramaikan pasar ekspor sudah gencar dilakukan sejak tahun lalu. Berdasarkan laporan keuangan KICI di tahun 2020, penjualan ekspor KICI tumbuh 52,8% yoy menjadi Rp 15,78 miliar di tahun 2020.

Baca Juga: Kedaung Indah Can (KICI) gencar tingkatkan penjualan ke AS di 2021

Di tahun sebelumnya penjualan ekspor KICI hanya mencapai Rp 10,32 miliar. Sedangkan untuk penjualan domestik di kuartal pertama 2021, dikatakan Ing kinerjanya tidak jauh berbeda dengan realisasi penjualan di periode yang sama tahun lalu. 

Sebagai informasi, KICI menorehkan penjualan neto senilai Rp 89,38 miliar di tahun 2020 atau menyusut 1,84% yoy dibandingkan penjualan neto di tahun 2019 sebesar Rp 91,06 miliar. Penjualan KICI di tahun lalu, terdiri dari penjualan segmen usaha enamel sebesar Rp 62,68 miliar dan segmen usaha kaleng senilai Rp 26,70 miliar.

Baca Juga: Rugi bersih Kedaung Indah Can (KICI) susut hampir 100% di tahun 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×