kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wah! Ada prangko gambar shio ular


Selasa, 05 Februari 2013 / 15:17 WIB
Wah! Ada prangko gambar shio ular
ILUSTRASI. Karyawan money changer menghitung mata uang dollar US di salah satu money changer Jakarta, Rabu (5/5). /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/05/05/2021.


Reporter: Oginawa R Prayogo | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. PT. Pos Indonesia (Persero)  dan Lembaga  Indonesia China (LIC)  meluncurkan prangko seri tahun ular 2013. Prangko seri ini terdiri dari tiga jenis desain, dan diterbitkan dengan nominal  Rp 2.500, Rp 5.000, Rp 7.500, dan Rp. 10.000.

I Ketut Mardjana, Direktur Utama PT Pos Indonesia bilang, pihaknya sudah menerbitkan prangko edisi shio itu sejak 2007. "Prangko dengan seri shio ini rutin diluncurkan tiap tahun. Untuk tahun ini serinya shio ular air," ujar Ketut saat acara peluncuran tersebut di Mall Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (5/2).

Ketut bilang, ada tiga jenis desain yang diluncurkan itu merupakan perpaduan budaya Indonesia dan Tionghoa, yang diharapkan akan mampu mewujudkan akulturasi potensi budaya Indonesia – Tionghoa.

Berikut penjelasan ketiga desain prangko tersebut:

1.  Naja Sputatrix

Prangko ini menggambarkan ular kobra Indonesia (Naja Sputatrix), atau lebih dikenal dengan nama lokal Ular Sendok Jawa. Ketut bilang, prangko ini dilukis oleh seniman ITB Guruh Ramdani.

2. Dewa Ruci

Prangko ini menjelaskan cerita pewayangan “Dewa Ruci .“ Menurut Ketut, cerita berkisar pertarungan antara Bima dengan seekor Ular yang hidup di samudra demi mendapatkan kesempurnaan. Prangko ini dilukis oleh seniman ITB Guruh Ramdani.

3. Naga Seba

Prangko ini merupakan motif batik yang menggambarkan  ular dan burung. Menurut Ketut, motif Naga Seba merupakan motif batik keraton yang dipengaruhi agama Hindu dan Islam. Dia bilang prangko ini dilukis di atas kaca oleh pelukis kaca tradisional asal Cirebon yang bernama  Bambang Sonjaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×