kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,49   7,04   0.76%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Walau transaksi sepi, inquiry lahan industri masih meningkat


Senin, 15 Oktober 2018 / 18:27 WIB
Walau transaksi sepi, inquiry lahan industri masih meningkat
ILUSTRASI. Kawasan Industri Deltamas


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penjualan lahan industri selama sembilan bulan pertama masih sepi. Total traksasi para pengembang kawasan industri masih jauh dari target mereka. Namun, disisi lain jumlah permintaan masih terus mengalami permintaan.

PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk (BEST) misalnya baru berhasil mencatatkan penjualan lahan seluas 8,1 hektare (ha) dengan nilai marketing sales Rp 250 miliar. Capaian itu masih jauh dari target perusahaan yang ditetapkan sekitar 35-45 ha tahun ini.

Penjualan lahan tersebut dilakukan ke beberapa perusahaan yang bergerak di sektor metal, otomotif, dan lain-lain. Perusahaan tersebut ada dari lokal dan ada pula yang berasal dari Jepang.

Menurut Seri, Investor Relation BEST, permintaan akan lahan di Kawasan Industri MM2100 Bekasi masih sangat besar. Total penyataan minat alias inquiry yang ditangani perseroan mencapai 85 ha saat ini.  "Investor menahan diri untuk melakukan keputusan karena dipengaruhi banyak faktor seperti kurs, kondisi global, dan faktor ekonomi," katanya kepada Kontan.co.id, Senin (15/10).

Adapun permintaan yang datang ke MM2100 berasal dari beberapa sektor seperti konsumer, logistik, otomotif dan farmasi. Mayoritas permintaan itu datang dari perusahaan lokal dan dari Jepang. Sebagian kecil lagi berasal dari negara lain di Asia dan Eropa.

Dengan masih banyaknya minat pembelian lahan yang ditangani, Bekasi Fajar masih akan berusaha untuk mengejar target marketing sales sekitar 26 ha- 36 ha lagi selama kuartal IV ini.

PT Modern Industrial Estat juga menghadapi inquiry yang cukup besar saat ini yakni 90 ha di klaster industri halal bertajuk Modern Halal Valley yang baru dirilis di Modern Cikande Industrial Estate (MCIE) baru-baru ini. Sementara di kawasan industri konvensionalnya, ada permintaan sekitar 30 ha lagi.

Pascall Wilson, Direktur Utama PT Modern Industrial Estat mengatakan, saat ini sudah ada inquiry atau pernyataan minat untuk masuk ke kawasan industri halal tersebut dari beberapa perusahaan baik lokal maupun asing.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×