kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warga di Pulau Tinggi, Bangka 100% gunakan kompor induksi


Jumat, 08 November 2019 / 10:29 WIB
Warga di Pulau Tinggi, Bangka 100% gunakan kompor induksi
ILUSTRASI. Plt Dirut PLN Sripeni memasak memakai kompor listrik


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Setelah mendapat aliran listrik dari PLN, warga Pulau Tinggi memulai gaya hidup pintar (smart living) dengan memasak menggunakan kompor induksi. Warga menilai penggunaan kompor induksi dirasa lebih mudah dan efisien.

“Setelah berlistrik kami jadi lebih mandiri, karena bisa memanfaatkan listrik untuk memasak tanpa harus tergantung pada pengiriman tabung gas. Terkadang kami kesulitan mendapatkan gas bila cuaca di laut sedang tidak bagus”jelas kepala kadus Pulau Tinggi, Ahmad.

Baca Juga: Hingga kuartal III-2019, penjualan dan jumlah pelanggan listrik di Jakarta Raya naik

Dengan didukung oleh PLN, warga di daerah tersebut menggelar lomba memasak menggunakan kompor induksi di balai desa yang diikuti oleh 10 tim pada Senin (04/11). Warga Pulau tinggi antusias mengikuti acara lomba masak menggunakan kompor induksi, warga mengaku tidak ada kesulitan dalam pemanfaatan kompor induksi karena sehari-hari mereka telah memanfaatkan kompor induksi untuk kegiatan memasak.

Untuk melistriki pulau dengan jumlah penduduk sebanyak 49 kepala keluarga (KK) ini PLN sebelumnya telah membangun satu unit mesin pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) kapasitas 40 kilo watt (kW).

Pembangkit ini didukung dengan 23 tiang listrik dan 700 meter kabel tegangan rendah. Saat ini pelanggan PLN di pulau tinggi tercatat 34 pelanggan, dengan 31 diantaranya adalah pelanggan rumah tanggal daya 1300 VA dan sisanya pelanggan bisnis dan sosial.

Pemerintah daerah kabupaten Bangka Selatan menyambut baik upaya PLN dalam melistriki dan meningkatkan daya saing warga di Pulau Tinggi.  

Baca Juga: Menteri ESDM Ignasius Jonan harap ada peningkatan konsumsi listrik per kapita

“Kami sebagai pemerintah daerah menyambut baik kontribusi yang di berikan oleh PLN kepada daerah ini, sehingga masyarakat semakin memiliki daya saing tinggi. Kalau semua aktivitas menggunakan listrik, warga jadi lebih produktif”jelas Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Bangka Selatan, Mulyono.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung, Abdul Mukhlis mengungkapkan bahwa pulau tinggi menjadi pelopor penggunaan kompor induksi di pulau Bangka.

“Penggunaan 100% kompor induksi di Pulau Tinggi ini adalah yang pertama di Pulau Bangka, menyusul daerah sebelumnya yaitu pulau Bukulimau dan Pulau Seliu yang ada di  Belitung”ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×