kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.491.000   8.000   0,32%
  • USD/IDR 16.757   21,00   0,13%
  • IDX 8.610   -8,64   -0,10%
  • KOMPAS100 1.188   4,72   0,40%
  • LQ45 854   1,82   0,21%
  • ISSI 307   0,26   0,08%
  • IDX30 439   -0,89   -0,20%
  • IDXHIDIV20 511   -0,15   -0,03%
  • IDX80 133   0,33   0,25%
  • IDXV30 138   0,47   0,34%
  • IDXQ30 140   -0,47   -0,33%

Wuling Pastikan Harga Darion Tetap Bersaing Meski Diskon Awal Usai


Rabu, 05 November 2025 / 17:44 WIB
Wuling Pastikan Harga Darion Tetap Bersaing Meski Diskon Awal Usai
ILUSTRASI. Peluncuran global Wuling Cortez Darion di ajang GIIAS 2025. Wuling Motors memastikan strategi harga untuk Darion akan tetap kompetitif meski program early bird untuk 1.500 konsumen pertama berakhir.


Reporter: Leni Wandira | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wuling Motors memastikan strategi harga untuk Darion akan tetap kompetitif meski program early bird untuk 1.500 konsumen pertama berakhir.

Medium MPV elektrifikasi pertama yang diproduksi di Indonesia ini hadir dalam pilihan EV dan PHEV dengan harga awal mulai Rp356 juta dan Rp489 juta untuk konsumen early bird.

Marketing Operation Director Wuling Motors, Ricky Christian, menjelaskan bahwa penetapan harga final Darion berbeda dari estimasi awal, yang sebelumnya diperkirakan berada pada rentang Rp400 juta hingga Rp500 juta. Menurut Ricky, harga final diputuskan setelah perusahaan menyelesaikan pengembangan produk dan memperhitungkan kondisi pasar.

“Waktu itu masih estimasi dan dalam tahap pengembangan. Hari ini sudah finalisasi, tentu ingin memberikan harga yang terbaik. Manajemen mengkonsider banyak faktor, terutama market dan kompetisi. Harga ini berlaku untuk konsumen early bird, tidak ada perbedaan,” kata Ricky saat ditemui di sela peluncuran Darion, Rabu (5/11).

Baca Juga: Ini Strategi dan Prospek Kinerja Krakatau Steel (KRAS) Pasca Raih Laba Bersih

Terkait potensi penyesuaian harga setelah kuota 1.500 unit awal terpenuhi, Ricky menegaskan perusahaan akan melihat kondisi pasar terlebih dahulu. Menurut dia, fokus utama saat ini adalah memastikan produk diterima pasar dan memberikan penawaran menarik bagi konsumen pada fase awal.

“Ini mungkin kita akan lihat dulu. Objektif sekarang adalah diterima pasar. Harapannya kualitas dan offering kami bisa memenuhi ekspektasi,” ujarnya.

Sejak debut publik di GIIAS 2025 hingga kini, Darion telah mencatat sekitar 300 pemesanan. Wuling berharap angka ini meningkat dengan momentum akhir tahun yang biasanya mendorong penjualan mobil domestik.

“Targetnya sebanyak-banyaknya, terutama menjelang akhir tahun di mana market biasanya naik,” kata Ricky.

Ricky menyebut kompetisi brand otomotif Tiongkok di pasar elektrifikasi Indonesia kian ketat. Namun ia menekankan Wuling fokus pada pemahaman kebutuhan pasar lokal dan memperkuat komitmen jangka panjangnya di Indonesia.

“Kami fokus memahami pasar Indonesia dan menunjukkan komitmen delapan tahun lebih di sini. Konsumen sangat mempertimbangkan komitmen jangka panjang sebuah merek,” ujar Ricky.

Selain harga, Wuling menekankan strategi produk dengan menghadirkan MPV berkapasitas tujuh penumpang yang sesuai dengan karakteristik keluarga Indonesia. Menurutnya, kebutuhan pasar domestik berbeda dengan Tiongkok yang rata-rata memiliki keluarga lebih kecil.

“Mayoritas keluarga Indonesia adalah keluarga besar. Di sini rata-rata dua sampai tiga anak. Karena itu prioritas kami adalah MPV besar yang relevan dengan pasar,” tegasnya.

Darion hadir dalam varian EV dan PHEV dengan dua trim, CE dan EX. Model ini membawa konfigurasi 7-seater dengan dimensi dan wheelbase terbesar di segmennya, serta fitur kenyamanan keluarga mulai dari captain seat, layar 12,8 inci, hingga pintu geser elektrik dan sunroof elektrik.

Ricky menambahkan, strategi Wuling tidak hanya bertumpu pada produk dan harga, tetapi juga penguatan jaringan layanan purna jual untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. “Strateginya menyeluruh, bukan hanya di produk atau harga, tapi operasional, aftersales, spare parts. Itu membentuk kepercayaan,” ujarnya.

Baca Juga: Persaingan Pasar Ketat, Kinerja Keuangan BELI Masih Solid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU

[X]
×