Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Sanny Cicilia
JAKARTA. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah menjual kendaraan jenisĀ Low Multi Vehicle Purpose (LMPV) untuk tahun ke-10. Sudah menjual sebanyak 450 ribu unit, ADM masih optimis produk yang hadir semenjak 2003 ini bisa tetap membumi layaknya Kijang keluaran Toyota.
Rio Sanggau, Domestic Marketing Division Head Astra Daihatsu Motor mengatakan, selama sepuluh tahun, Daihatsu dan Toyota sudah menjual sebanyak 1,5 juta unit mobil jenis MPV. "Daihatsu memproduksi 450 juta unit Xenia yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Rio pada acara konferensi pers 10 tahun Xenia, Senin (3/3).
Dia bilang, produk Xenia berkontribusi menciptakan 301 ribu pekerjaan baru, serta menambah 308 pemasok baru.
Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor menyampaikan, akan terus mengembangkan kontribusi Xenia. "Kami ingin Xenia menjadi kinerja kijang," kata dia.
Meski saat ini banyak pemain otomotif yang memproduksi mobil LMPV, manajemen mendorong penjualan Xenia dengan menyesuaikan produk dengan kondisi Tanah Air. "Tahun ini, kami menargetkan menjual Xenia 4.000 unit per bulan," kata Amelia.
Tahun 2013 lalu, Xenia mencatatkan penjualan sebanyak 64.611 unit. Di Januari 2014 tercatat penjualan Daihatsu mencapai 4.636 unit.
Selain fokus menjual Xenia, Daihatsu juga fokus menggarap ekspor ke 68 negara. "Saat ini prosi ekspor 14%," kata Amelia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News