Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini
KONTAN.CO.ID - PT XLSMART Telekom Sejahtera atau XLSMART terus berkomitmen dalam meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menghadirkan berbagai inovasi dan layanan terbaiknya. Selaras dengan spirit, Bersama, Melaju Tanpa Batas, kali ini XLSMART melalui jenama Smartfren resmi memperkenalkan Sarah, asisten virtual berbasis GenAI (Artificial Intelligence) yang dirancang untuk menghadirkan pengalaman layanan pelanggan yang lebih cepat, responsif, dan solutif.
Sarah kini menjadi wajah baru dari Smartfren Care. Fitur digital ini berguna dalam membantu pelanggan menyelesaikan berbagai kebutuhan layanan secara praktis melalui platform digital.
Direktur & Chief Commercial Officer XLSMART David Arcelus menjelaskan, Sarah adalah asisten virtual berbasis chat dari Smartfren yang dirancang untuk memberikan pengalaman layanan pelanggan yang lebih responsif, aktif, dan solutif. Sarah hadir untuk membantu pelanggan mengakses informasi dan menyelesaikan berbagai kebutuhan layanan secara cepat, akurat, dan personal.
Tak hanya bagi pengguna, peluncuran Sarah merupakan komitmen XLSMART dalam memberikan layanan informasi yang praktis dan efisien kepada pelanggan. Dengan layanan Sarah, pelanggan dan pengguna Smartfren dapat mengakses informasi dan menyelesaikan berbagai kebutuhan layanan secara cepat, akurat, dan personal.
Terlebih, kebutuhan asisten virtual juga selaras dengan kebutuhan masyarakat Indonesia yang ingin mendapatkan informasi lebih cepat tanpa perlu menghubungi call center atau datang langsung ke gerai. Lebih lanjut, David menegaskan layanan ini dapat memberi bantuan informasi secara cepat dan efisien.
“Peluncuran Sarah merupakan bagian dari komitmen kami untuk memperkuat layanan pelanggan melalui solusi digital yang efisien dan mudah diakses. Dengan layanan ini, pengguna Smartfren bisa mendapatkan informasi dan bantuan secara lebih cepat dan efisien, langsung dari genggaman tangan mereka,” ungkap David pada Selasa, 8 Juli 2025 lalu.
David menambahkan, dengan pendekatan yang lebih interaktif dan personal, Sarah bukan sekadar chatbot, tapi representasi Smartfren sebagai teman digital yang selalu siap membantu. Bagi XLSMART, asisten virtual ini juga berdampak bagi Smartfren untuk memberikan informasi mengenai layanan dan produk.
Melalui interaksi berbasis percakapan, Sarah dapat menjawab pertanyaan pelanggan, mulai dari cek kuota, Informasi paket dan tagihan, serta promo. Didukung oleh teknologi GenAI yang terus berkembang, kemampuan Sarah dalam memenuhi kebutuhan pelanggan semakin akurat seiring waktu dan dapat menyesuaikan kebutuhan berdasarkan preferensi pengguna.
Dirancang sebagai chatbot interaktif, Sarah dapat diakses langsung melalui WhatsApp pada nomor 0888-1212-888, aplikasi MySmartfren, dan situs resmi Smartfren. David mengatakan, layanan ini tersedia 24 jam setiap hari. Hal tersebut memungkinkan pelanggan dalam mengakses informasi atau menyelesaikan kendala kapanpun.
XLSMART sudah memperkenalkan layanan ini sejak Rabu, 8 Juli 2025 lalu. Untuk itu, David mengajak pelanggan dan calon pelanggan Smartfren untuk mencoba langsung berinteraksi dengan Sarah. Selain itu, mereka juga dapat merasakan pengalaman baru dalam berkomunikasi dengan layanan pelanggan yang selalu ADA dan selalu SOLUTIF. Untuk informasi lebih lanjut pelanggan bisa mengakses melalui www.smartfren.com.
Untuk mendukung kenyamanan dalam berkomunikasi, saat ini pengguna Smartfren telah didukung dengan jaringan XLSMART yang diperkuat dengan lebih dari 200 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang tersebar dan membentang di berbagai wilayah dan kepulauan di Indonesia.
“XLSMART memberikan inovasi dan penambahan infrastruktur ini kepada pelanggan untuk mendapatkan pengalaman digital yang lebih baik, seiring dengan upaya kami membangun ekosistem layanan digital yang modern, responsif, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” pungkas David.
Selanjutnya: Perusahaan Ini Berupaya Kembangkan Teknologi di Bisnis Peralatan Rumah Tangga
Menarik Dibaca: 6 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Tanpa Retinol yang Minim Iritasi
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News