kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yamaha dan Suzuki Bersaing Ketat di Kelas Skutik 125cc


Rabu, 14 Juli 2010 / 17:32 WIB


Reporter: Herry Prasetyo |


JAKARTA. Pasar motor skuter matic di kelas 125cc masih terbuka lebar. Untuk segmen medium, pasar tersebut praktis hanya diisi oleh Yamaha dan Suzuki yang terus bersaing ketat.

Untuk mengisi pasar yang masih besar tersebut, Yamaha mengandalkan Yamaha Xeon. Skutik yang baru diluncurkan Mei 2010 kemarin merupakan satu-satunya skuter matik Yamaha dengan kapasitas mesin sebesar 125cc. Sementara lawan mainnya, Suzuki, memiliki tiga seri skutik untuk kelas 125 cc yakni Skydrive, Skywave, dan Spin.

Meski termasuk baru di kelas 125 cc, Yamaha tampaknya tidak merasa takut dengan Suzuki yang telah cukup lama bermain terlebih dahulu. Bahkan, Yamaha terus merengsek dan mencoba memperbesar pangsa pasarnya.

Dalam waktu dua bulan, usaha Yamaha agaknya tak percuma. Mengandalkan penampilan yang sporty dan tenaga mesin yang besar, Xeon dengan cepat megambil hati konsumen. Paulus S. Firmanto, General Manager Promotion and Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, menuturkan, hingga akhir Juni kemarin, penjualan Xeon sudah mencapai sekitar 18.000 unit. "Malah, di beberapa daerah banyak yang indent," ujar Paulus kepada Kontan, Jakarta, Rabu (14/7).

Menurut Paulus, kebanyakan konsumen yang membeli Xeon adalah mereka yang ingin meningkatkan kapasitas mesin motor mereka. selain itu, Yamaha xeon pun memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding motor-motor yang berada setingkat di bawahnya.

Sementara itu, Suzuki agaknya belum terpengaruh dengan kehadiran Xeon. Penguasa skutik 125cc untuk kelas low dan medium ini masih bisa menggeber penjualan skutiknya rata-rata 15.000 unit per bulan.

Rudjojo Nirjana, Direktur Penjualan Suzuki Roda Dua, menuturkan, pasar skutik kelas 125cc memang masih cukup besar. Rudjojo bilang, pihaknya mengandalkan produk Skydrive yang diluncurkan Maret 2009 lalu untuk segmen medium. "Tiap bulan, rata-rata penjualan Skydrive sebanyak 5.000 unit," ungkapnya.

Hanya saja, lanjut Rudjojo, pihaknya saat ini terus mengkaji perkembangan kompetitor. Sejauh ini, kehadiran Xeon belum membawa pengaruh berarti. Malahan, penjualan skutik Suzuki secara keseluruhan dari Mei hingga Juni masih mengalami peningkatan sebesar 5%.

Paulus sepakat, pasar skutik 125cc masih sangat besar. Karena itu, pihaknya optimistis, hinnga akhir tahun ini, mampu menjual Xeon sebanyak 200.000 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×