kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,78   -1,52   -0.17%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yang Panen Rezeki di Hari Raya Lebaran


Jumat, 25 September 2009 / 07:30 WIB
Yang Panen Rezeki di Hari Raya Lebaran


Sumber: KONTAN | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Libur Lebaran tak hanya menimbulkan kemacetan puluhan kilometer di Pulau Jawa, tapi juga menciptakan kepadatan di tempat hiburan. Semua pengelola arena rekreasi pun panen rezeki.

Trans Studio Makassar misalnya. Arena bermain yang baru dibuka untuk umum 10 September lalu itu dipadati pengunjung hingga melebihi kapasitas.

y"Selama musim libur Lebaran ini, rata-rata kunjungan berkisar 12.000 hingga 14.000 pengunjung setiap hari," ujar Hadiansyah, Marketing Public Relation Department Head Trans TV (24/9) yang juga Jurubicara Trans Studio Makassar. Padahal, kapasitas nyamannya hanya 10.000 orang.

Sejak hari pertama beroperasi, wahana wisata terpadu milik Chairul Tanjung dan Jusuf Kalla ini sudah didatangi 6.000 hingga 8.000 pengunjung setiap hari. Artinya, selama Lebaran, ada lonjakan jumlah pengunjung lebih dari 50%.

Mengacu pada jumlah pengunjung saat Lebaran, Trans Studio Makassar meraup omzet hampir Rp 1,4 miliar per hari. Ini perkiraan paling konservatif, yaitu dengan mengalikan jumlah pengunjung dengan harga tiket masuk yang dibanderol Rp 100.000 per kepala.

Jika dihitung dengan pemasukan dari enam wahana hiburan yang lain yang tiketnya dijual Rp 15.000 per orang, dan juga uang yang dibelanjakan setiap pengunjung, tentu pendapatan Trans Studio lebih besar lagi.

Hadiansyah mengungkapkan, selama libur Lebaran lalu pihaknya tidak membuat program khusus untuk menarik minat pengunjung. "Daya tarik sebagai wahana hiburan yang baru dibangun cukup kuat untuk mendatangkan pengunjung," ujarnya.

Program Khusus

Berbeda dengan Trans Studio, PD Pembangunan Jaya, selaku Pengelola taman hiburan Dunia Fantasi (Dufan), Gelanggang Samudera, dan Pantai Karnaval Ancol, membuat sejumlah program khusus untuk menarik pengunjung selama libur Lebaran.

Acara khusus tersebut, antara lain live show X-Men di Dufan yang berlangsung dari 19 September sampai 11 Oktober, dan wahana water outbound di Gelanggang Samudera.

Melihat angka kunjungan di hari pertama dan kedua Hari Raya Idul Fitri, PD Pembangunan Jaya optimistis jumlah pengunjung selama libur Lebaran tahun ini bakal melonjak hingga 15% dibandingkan tahun lalu.

"Tahun 2008, dalam sepekan mencapai 950.000 pengunjung, tahun ini target sampai tanggal 4 Oktober akan ada 1,1 juta pengunjung," papar Budi Karya, Dirut PD Pembangunan Jaya.

PT Mekar Unggul Sari, pengelola Taman Wisata Mekarsari, juga menggelar program khusus. "Kami adakan program Operet Mekarsari Negeri Dongeng untuk menarik minat anak-anak," ujar Chaterina Kepala Seksi Public Relation Taman Wisata Mekarsari (TWM).

Menurut Chaterina pihaknya sengaja menggelar acara itu untuk menggaet segmen khusus pengunjung yang sebagian besar adalah keluarga muda beserta anak-anak.

Hasilnya cukup menggembirakan. Dalam sehari, sejak libur Lebaran pertama, jumlah pengunjung TWM sekitar 40.000 - 60.000 orang per hari. Jumlah ini naik hampir tiga kali lipat dibanding pengunjung akhir minggu yang rata-rata berjumlah 20.000 orang.

Pengelola Mekarsari memperkirakan jumlah pengunjung selama dua minggu libur Lebaran 2009 mencapai 400.000 orang, naik 30% dari libur Lebaran 2008 yang sebanyak 300.000 pengunjung.

Dengan harga tiket masuk Rp 15.000 per orang, omzet Mekarsari dari tiket masuk Rp 6 miliar. Ini belum termasuk pendapatan dari tiket wisata di wahana ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×