kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,03   -19,46   -2.11%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yuk mengintip pameran produk lokal Banyumas


Jumat, 23 Mei 2014 / 15:47 WIB
Yuk mengintip pameran produk lokal Banyumas


Reporter: Handoyo | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali menyelenggarakan Pameran Pangan Nusa (PPN) dan Pameran Produk Dalam Negeri Regional (PPDNR) 2014. Kali ini kegiatan tersebut diselenggarakan di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah pada 23 Mei 2014.

Bayu Krisnamurthi Wakil Menteri Perdagangan mengatakan, kegiatan ini sebagai bukti komitmen dan keseriusan pemerintah dalam mempromosikan produk usaha kecil menengah (UKM) dan memperkenalkan potensi kuliner unggulan, serta meningkatkan penggunaan produk potensial dalam negeri yang berkualitas dan berdaya saing.

“Purwokerto menjadi lokasi ke-2 pelaksanaan PPN dan PPDNR pada tahun ini karena potensi kreasi pangan olahan dan kerajinan khas Banyumas beraneka ragam," kata Bayu dalam siaran persnya, Jumat (23/5).

Selain itu Bayu menambahkan, perhelatan tersebut dapat meningkatkan perekonomian daerah, memaksimalkan potensi pasar dalam negeri, menumbuhkan semangat kewirausahaan dengan munculnya wirausaha baru yang kompeten, dan menciptakan lapangan kerja baru.

Pameran ini menghadirkan stan tematik yang bertujuan untuk lebih mengangkat kekhasan pangan asal Banyumas dan sekitarnya, serta produk-produk kreasi anak negeri yang sudah dipasarkan baik secara lokal maupun internasional. Produk-produk tersebut, antara lain sepatu Adidas, sepeda Polygon, radio Kayu Magno, ban Achilles, gitar listrik Rick Hanes, dan cerutu Senator.

“Kita semua pasti mengenali ikon pangan dan kuliner khas Purwokerto seperti getuk goreng, tempe mendoan, keripik tempe, soto Sokaraja, dan masih banyak lainnya. Terselenggaranya PPN dan PPDNR di Purwokerto ini diharapkan dapat terjadi ‘pertukaran’ produk dan informasi antar UKM peserta pameran dalam memperluas jaringan pemasaran di dalam negeri,” jelas Wamendag.

Pameran ini juga berfungsi sebagai ajang persaingan sehat bagi para UKM, serta sarana menjalin misi dagang lokal dalam rangka membangun konektivitas, jejaring, dan transaksi penjualan produk-produk UKM antarprovinsi. 

Sekedar informasi saja, sebelumnya pameran ini dilaksanakan di Bandar Lampung pada 2-5 Mei 2014 dan selanjutnya akan dilaksanakan Malang Jawa Timur pada 19-22 Juni 2014. Sebagai puncak acara, akan dilaksanakan PPN dan PPDN Nasional pada 29 Agustus-1 September 2014 di Lapangan Monas, Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×