kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertahankan pangsa pasar, Axioo fokus di daerah


Rabu, 21 Mei 2014 / 15:40 WIB
Pertahankan pangsa pasar, Axioo fokus di daerah
ILUSTRASI. Ini 3 Cara Menghapus Cache di HP Android dan iPhone dengan Praktis. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.


Sumber: Kompas.com | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Axioo, produsen laptop lokal, menargetkan di tahun ini dapat bertahan di posisi 5 besar vendor laptop di pasar Tanah Air.

Hal itu disampaikan oleh Bob Suete Labesani, Head of Business Unit IT Device, PT Tera Data Indonusa selaku pemegang merek Axioo di Indonesia.

"Tahun ini kami ingin mengamankan posisi kami di lima besar di pasar dalam negeri, kami mengincar pangsa pasar 7 hingga 9%," ujar Bob disela-sela seminar "Bagaimana membangun brand lokal di pasar global" di ajang pameran CHIP Fiesta 2014 di Universitas Budi Luhur, Jakarta (20/5).

Menurut Bob, tahun lalu Axioo berhasil meraih posisi kelima di belakang Asus, Acer, Lenovo, dan HP.

Untuk bisa bersaing dengan vendor-vendor internasional lain, Axioo memiliki beberapa strategi. Salah satunya yaitu fokus membidik pasar  di daerah-daerah. Dengan menyasar pasar daerah, investasi dan biaya promosi yang dikeluarkan menjadi jauh lebih murah dan efektif.

"Jika di Jakarta, kami harus mengeluarkan dana sekitar Rp 200-300 juta untuk beriklan di media nasional, namun di daerah, kami hanya butuh biaya 70 juta per bulan untuk memasang baliho-baliho yang tersebar dimana-mana," terang Bob.

Sementara itu, jika bersaing di Jakarta, menurutnya, ibarat menggarami air laut. Yang artinya, usaha yang dilakukan hanya tidak akan berbuah hasil.

Strategi lainnya yaitu bekerjasama dengan kampus-kampus untuk menyediakan perangkat komputer atau laptop.

"Kami bekerjasama dengan beberapa universitas di Jakarta dalam menyediakan laptop sebagai perangkat pendukung pembelajaran. Dengan demikian, tiap tahunnya kami bisa mendapatkan 200-300 pengguna baru," demikian papar Bob.

Selain bersaing di pasar laptop, Axioo baru-baru ini juga terjun di pasar smartphone dan tablet PC. (Reska K. Nistanto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×