kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,41   -13,08   -1.42%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peritel global mulai ekspansi pasar luar Jakarta


Kamis, 05 Maret 2015 / 10:44 WIB
Peritel global mulai ekspansi pasar luar Jakarta
ILUSTRASI. Pemilu 2024: KPU


Reporter: Adisti Dini Indreswari | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Peritel mancanegara makin percaya diri ekspansi hingga ke luar Jakarta. Paling anyar peritel fesyen asal Swedia, Hennes & Mauritz (H&M) yang mengumumkan lokasi gerai teranyarnya di Medan.

Gerai pertama H&M di luar pulau Jawa, sekaligus gerai keenam secara keseluruhan di Indonesia ini akan menempati area seluas seluas 2.100 meter persegi (m²) di Centre Point Mall Medan. H&M menjadwalkan pembukaan gerai tersebut pada hari Sabtu, 7 Maret 2015 nanti.

Tidak puas sampai di situ, H&M juga akan meresmikan gerai ketujuhnya di Sun Plaza Medan pada 14 Maret 2015, atau dua pekan setelah pembukaan gerai keenam.

Anil Malhotra, Country Manager PT Hindo sebagai pemegang waralaba H&M di Indonesia optimistis produk fesyen ini mendapat sambutan positif dari konsumen di Medan.

"Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Medan merupakan target pasar yang sangat menarik dengan banyaknya anak muda dan kalangan sadar fesyen," ujarnya dalam pernyataan tertulis, Selasa (3/3).

Asal tahu saja, H&M cukup agresif merangkul pasar Indonesia. Sejak pertama kali menjejakkan kakinya di Indonesia akhir 2013, H&M sudah mengoperasikan lima gerai. Empat gerai di antaranya berada di Jakarta dan satu gerai sisanya di Bandung.

Selain Medan, H&M juga mulai merangsek ke Surabaya. H&M menyatakan sudah membuat komitmen dengan pusat belanja yang masih dalam tahap pembangunan di Surabaya.

Sebelumnya, H&M pernah menyampaikan akan  ekspansif di pasar domestik. Peritel ini berencana akan menambah jumlah gerai sebanyak 10%-15% saban tahunnya.

Sementara, Central Department Store masih fokus menggarap pasar ibukota Jakarta. Maklum, department store asal Thailand ini belum lama masuk ke Indonesia. Setelah membuka gerai perdananya di Jakarta akhir 2014, saat ini Central sedang menyiapkan gerai kedua di Indoensia, tapi masih di Jakarta.

Meski begitu, Central mengakui kota besar lainnya di Indonesia juga menyimpan potensi pasar yang cukup besar. "Tapi, kami harus punya perencanaan yang matang," ujar Dimas R. Wisnu Wardana, Public Relation Manager PT Central Retail Indonesia kepada KONTAN, Rabu (4/3).

Sedangkan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) lebih dulu ekspansi ke luar Jakarta. Salah satunya adalah Sogo Department Store yang dikelola perusahaan ini. Peritel ini sudah membuka Sogo di beberapa kota, seperti  Bandung, Surabaya serta Medan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×