kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akuisisi aset pabrik Samator rampung, AGII semakin agresif pacu kinerja bisnis


Minggu, 21 Maret 2021 / 20:12 WIB
Akuisisi aset pabrik Samator rampung, AGII semakin agresif pacu kinerja bisnis
ILUSTRASI. JAKARTA,17/12-RACHMAT HARSONO. Direktur Utama PT. Aneka Gas Industri Rachmat Harsono di Jakarta, Senin (17/12). KONTAN/Fransiskus Simbolon/17/12/2018


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aneka Gas Industri Tbk semakin agresif dalam memacu kinerjanya tahun ini. Emiten gas berkode saham AGII tersebut mengejar pertumbuhan pendapatan sebesar 13%-15% dengan margin profit 7%-10%.

Target ini lebih besar dari target awal yang dicanangkan sebelumnya. Mulanya, AGII hanya membidik pertumbuhan pendapatan di kisaran 7%-10% dengan margin profit 5%-7%.

Direktur Utama AGII, Rachmat Harsono mengatakan, keputusan perusahaan untuk mengungkit target mempertimbangkan transaksi akuisisi aset pabrik gas milik PT Samator yang telah selesai.

“Dengan adanya akuisisi ini kita target revenue tumbuh bisa hingga 13%-15%, dengan margin profit yang dapat mencapai 7%-10%, namun tentu tergantung kondisi ekonomi PDB (Produk Domestik Bruto) nasional secara keseluruhan,” tutur Rachmat kepada Kontan.co.id, Minggu (21/3).

Baca Juga: Aneka Gas Industri (AGII) Kebanjiran Permintaan Gas Medis di Masa Pandemi Covid-19

Agenda akuisisi aset pabrik gas milik PT Samator memiliki nilai transaksi Rp 683,39 miliar. Objek yang ditransaksikan terdiri dari pabrik Samator yang berlokasi di Cikande-Provinsi Banten dan pabrik Gresik-Provinsi Jawa Timur. Kedua pabrik tersebut diklaim merupakan aset-aset yang paling produktif dalam grup Samator saat ini.

Pada 16 Maret 2021 lalu, AGII telah  menyelesaikan penandatanganan perjanjian pengambilalihan fasilitas pinjaman dengan PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (AGRO) dalam rangka finalisasi transaksi akuisisi aset Samator. 

Selang beberapa hari setelahnya, AGII melalui anak usahanya, PT Samator Gas Industri (SGI), juga telah menyelesaikan penandatanganan pengambilalihan/novasi fasilitas pinjaman dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) pada 18 Maret 2021 untuk keperluan yang sama. Kedua penandatanganan tersebut menandai rampungnya akuisisi kedua aset Samator.

“Jadi per Maret,  2 aset tersebut sudah masuk neraca laba rugi, cash flow, dan balance sheet AGII,” papar Rachmat.




TERBARU

[X]
×