kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.175
  • SUN98,94 0,36%
  • EMAS612.058 -0,16%
  • RD.SAHAM 0.66%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Alfacart kembangkan O2O di luar jaringan Alfamart

Selasa, 04 April 2017 / 15:22 WIB

Alfacart kembangkan O2O di luar jaringan Alfamart

JAKARTA. Platform e-commerce, Alfacart.com dengan jaringan online to offline (O2O) meluncurkan Alfacart.com versi 2.0. Peluncuran itu merupakan langkah Alfacart untuk siap berubah seiring kebutuhan konsumen.

CEO Alfacart.com, Catherine Sutjahyo menegaskan Alfacart Versi 2.0 ini diusung setelah melihat perkembangan perusahaan melalui strategi O2O. Strategi itu telah dipilih ketika masuk saat itu dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat di Indonesia.

Strategi ini adalah fasilitas online to offline yang memungkinkan masyarakat berbelanja melalui online tapi bisa membayar, mengambil, mengembalikan secara offline, bahkan bisa membeli barang yang dijajakan di toko online lewat toko offline.

Pasalnya, pemilik rekening bank di Indonesia masih rendah dan biaya logistik yang masih cukup tinggi karena Indonesia merupakan negara kepulauan. Sehingga sistem pembayaran yang bisa dilakukan secara offline tetap prospektif. 

Pada versi 2.0 ini, O2O Alfacart.com tidak lagi terbatas pada jaringan grup yaitu toko-toko Alfamart. Alfacart.com akan menggandeng warung, toko tradisional dan jaringan ritel offline lainnya sebagai jaringan O2O-nya.

"Target kami tahun ini melipatgandakan jumlah O2O kami yang sudah besar menjadi lebih besar lagi di luar grup Alfamart dan akan kami sebut sebagai Kios AKU (Alfacart Komunitas Usaha)," tambah Catherine.

Berdasarkan pengalaman perusahaan ini pada tahun 2016 lalu, sekitar 80% konsumen masih memilih untuk membayar transaksinya secara tunai di payment point. "Tidak hanya itu 70% konsumen juga menginginkan fleksibilitas dalam mengambil barang belanjaannya di Pick Up Point kami " ujar Catherine.

Perubahan lainnya di versi ini, Haryo Suryo Putro, Chief Marketing Alfacart.com menyampaikan fokus pemasaran Alfacart.com versi 2.0, pertama adalah membantu membesarkan UKM Indonesia. Kedua bekerja sama dengan brand-brand besar seperti kemarin dengan Samsung, Unilever, Danone, L'oreal, Nutricia. "Hal itu untuk membangun environment menuju Indonesia Negara e-commerce terbesar di Asia Selatan tahun 2030,” katanya.

 


Reporter: Dede Suprayitno

Tag
Komentar
TERBARU
KONTAN TV
Hotel santika premiere Slipi
26 July 2018
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0003 || diagnostic_api_kanan = 0.1751 || diagnostic_web = 0.4073

Close [X]
×