: WIB    —   
indikator  I  

AP II bersiap bangun landas pacu ketiga di Soetta

AP II bersiap bangun landas pacu ketiga di Soetta

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Angkasa Pura (Persero) II bakal segera membangun landas pacu atau runway ketiga di Bandara Soekarno Hatta agar traffic penerbangan lebih cepat. Saat ini, dengan telah beroperasinya dua runway, Bandara Soekarno Hatta sudah terlalu padat. 

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama AP II mengatakan, saat ini ada 56 layanan maskapai penerbangan di Soekarno Hatta untuk melayani 150.000 penumpang per hari dengan take off pesawat di atas seribu penerbangan setiap hari. Jumlah tersebut dilayani dengan dua runway saja.

"Kami dalam waktu dekat mulai proses pembangunan runway tiga dan bulan depan kami mulai taxi way," ujarnya, Selasa (5/12).

Untuk menambah runway tersebut pihaknya akan menggelontorkan dana mencapai Rp 1,8 triliun untuk akuisisi lahan dan pembangunan. Nantinya runway mulai dibangun pada akhir kuartal I. "Dalam 18 bulan kami harapkan bisa selesai," katanya. 

Selain itu, AP II juga akan melakukan perbaikan interkoneksi antara terminal di Bandara Soekarno Hatta menggunakan sky train dan kereta bandara. Apalagi pada tahun depan AP II bakal akan menambah dua sampai tiga bandara baru.


Reporter Andy Dwijayanto
Editor Rizki Caturini

BANDARA SOEKARNO-HATTA

Feedback   ↑ x
Close [X]