: WIB    —   
indikator  I  

AP II ingin kembangkan Soetta di pulau reklamasi

AP II ingin kembangkan Soetta di pulau reklamasi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Angkasa Pura II menyatakan tidak menutup kemungkinan pihaknya akan mengembangkan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) di pulau hasil reklamasi yang berada di kawasan Tangerang.

Head of Corporate Secretary & Legal AP II Agus Haryadi menyatakan, wacana pengembangan tersebut untuk mengantisipasi semakin penuh dan sesaknya Bandara Soetta di masa mendatang.

"Dasar pemikirannya, dalam 1 titik tertentu Bandara Soetta akan mengalami titik jenuh. Artinya, Bandara Soetta sudah tidak bisa dikembangkan. Tapi, di sisi lain demand traffic akan terus bertambah," terangnya, Kamis (12/10).

Untuk saat ini, pihak AP II tetap akan fokus mengembangkan dari lahan eksisting yang sudah dimiliki Bandara Soetta. Tahapannya, AP II akan menuntaskan dulu rencana pembangunan runway 3 dengan ukuran 3.000 x 60 meter persegi dengan total kebutuhan lahan seluas 216 hektare.

Setelah itu, Bandara Soetta akan menuntaskan pengembangan Terminal 4 Ultimate. Dilanjutkan dengan pengembangan east dan west cross taxiway. Adapun saat ini total lahan yang dimiliki Bandara Soetta seluas 1.800 hektare.

"Setelah dikembangkan, dipikirkan kapan akan mengalami kejenuhan dan sudah tidak nyaman lagi untuk melayani masyarakat. Secara teori, Bandara Soetta sudah penuh dan sudah tidak ada tempat," tambah Agus.


Reporter Tantyo Prasetya
Editor Dupla Kartini

BANDARA SOEKARNO-HATTA

Feedback   ↑ x
Close [X]