kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Axis kelar tata ulang jaringan 3G di Sumbar & Riau


Jumat, 14 Juni 2013 / 19:12 WIB
Axis kelar tata ulang jaringan 3G di Sumbar & Riau
ILUSTRASI. Masih banyak hal yang kita tidak ketahui mengenai Omicron, dan inilah sejumlah kabar baiknya. REUTERS/Andrew Kelly


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Operator seluler, PT Axis Telekom Indonesia, mulai lakukan penataan ulang kanal 3G di frekuensi 2.100 MHz sesuai dengan peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika sejak akhir Mei lalu. Hingga saat ini, wilayah yang berhasil ditata ulang adalah Sumatera Barat dan Kepulauan Riau.

Berdasarkan jadwal yang tertuang dalam Permen Kominfo Nomor 19 tahun 2013, penataan ulang yang dilakukan oleh Axis akan selesai pada 28 Juli 2013. Namun, karena adanya gangguan interferensi di blok 11 dan 12, sebagai rumah baru Axis, bisa jadi penataan ini mundur.

Pasalnya, untuk wilayah Bali dan Lombok, Axis menemukan adanya gangguan interferensi dari operator penyelenggara PCS (Personal Communicaion System) 1900, yaitu Smart Telecom.

General Manager Technology Strategy Axis Deden Machdi menyatakan, interferensi tersebut menyebabkan terjadinya gangguan pada layanan dasar (suara dan sms) juga layanan data.

"Selama 24 jam setelah dilakukan penataan, pelanggan kami mengeluhkan gangguan layanan baik untuk telepon, sms juga data. Maka itu, kami move-back (tidak dipindah ke blok 11 dan 12). Kami tidak ingin mengambil risiko," katanya.

Apalagi, di wilayah tersebut jumlah pelanggannya mencapai 500.000 pelanggan. Menurutnya, dari 184 BTS 3G node B yang ada di Bali dan Lombok, ada 40% di antaranya yang terkena interferensi. Dia bilang, pihaknya telah melaporkan interferensi ini kepada regulator.

Berdasar aturan pemerintah, penataan ulang blok 3G ini pihak operator seluler baik dari lima operator GSM maupun operator penyelenggara PCS 1900 juga pemerintah untuk saling berkoordinasi supaya tidak ada lagi interferensi.

"Pada prinsipnya, kami mengikuti aturan yang ada. Namun, harus diingat, penataan ulang kanal 3G ini akan sukses dilaksanakan jika semua pihak menurutinya. Jika tidak, maka rencana yang telah disepakati bisa tidak sesuai harapan," katanya.

Dalam proses penataan ulang ini, Axis ibarat lokomotif, sebab, Axis adalah operator seluler pertama yang melakukan penataan. Axis harus pindah dari blok 2 dan blok 3 menuju blok 11 dan 12. Kedua blok ini adalah blok paling ujung dan dianggap paling kotor karena gangguan interferensi.

Saat ini, Axis sudah mengumumkan akan melakukan penataan untuk wilayah Jawa Barat, Jawa tengah dan Jawa Timur. Sementara itu, untuk menyiapkan lonjakan trafik pada saat bulan Ramadhan, Axis akan melakukan networking freezing. Yaitu, suatu kondisi dimana jaringannya dikunci. "Hal ini biasa dilakukan para operator saat peak season, biasanya seminggu sebelum dan sesudah lebaran juga saat tahun baru," katanya.

Dengan begitu, pada saat Lebaran, pihaknya telah meminta kepada pemerintah agar tidak dilakukan proses penataan kanal 3G.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×