kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bakrie pasok onderdil pabrik Pajero Sport anyar


Sabtu, 05 Desember 2015 / 13:50 WIB
Bakrie pasok onderdil pabrik Pajero Sport anyar


Reporter: Mimi Silvia, Pamela Sarnia | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Ekspansi industri otomotif di Indonesia mendatangkan berkah bagi pelaku bisnis komponen, salah satunya PT Bakrie Autoparts. Anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk ini mengklaim akan memperoleh kenaikan pesanan komponen dari pabrik mobil asal Jepang yang berekspansi bisnis di Indonesia.

Boy Andoko Purnadie, Chief Executive Officer (CEO) Bakrie Autoparts bilang, perusahaan otomotif Jepang, Mitsubishi akan membangun pabrik baru di Indonesia.

"Kami telah terpilih menjadi partner lokal pabrik Mitsubishi di Indonesia," kata Boy, Jumat (3/12).

Sebagaimana diketahui, Mitsubishi memiliki rencana membangun pabrik mobil berpenumpang alias multi purpose vehicle (MPV) berkapasitas 160.000 unit per tahun  di Indonesia.

Investasi pabrik perakitan mobil ini senilai Rp 6 triliun. Nah salah satu pemasok komponennya adalah  dari Bakrie Autoparts.

Upaya Bakrie Autoparts menjadi pemasok komponen tidak gampang dan punya sejarah panjang. Bakrie Autoparts mengklaim sudah menjalin kerjasama dengan Mitsubishi sejak 1986. Hasil kerjasama tersebut melahirkan PT Braja Mukti Cakra (BMC) yang bergerak di bidang produksi komponen.

Pemilihan BMC sebagai pemasok komponen untuk pabrik Mitsubishi ini juga telah melewati verifikasi ketat dari manajemen Mitsubishi di Jepang. Menurut Boy, nantinya hanya ada sekitar 12 pemasok komponen untuk pabrik Mitsubishi di Indonesia.

Delapan perusahaan berasal dari Jepang dan Thailand, empat perusahaan lain dari Indonesia. "Yang dari Indonesia itu di antaranya kami Bakrie Autoparts kemudian PT Indoprima Gemilang dari Surabaya, serta perusahaan joint venturedari PT Astra Otoparts Tbk," terang Boy.

Komponen yang akan dipasok BMC untuk kebutuhan pabrik Mitsubishi itu adalah komponen untuk mobil Mitsubishi Pajero. Menurut Boy, Mitsubishi akan merilis Pajero Sport versi anyar itu pada April 2016 nanti.

Tak hanya meluncurkan Pajero Sport tersebut dikabarkan akan diproduksi di Indonesia. "Mitsubishi Jepang berencana memindahkan pabrik dari Thailand ke Cikarang, Bekasi Jawa Barat," kata Boy.

Selain melayani pesanan untuk Mitsubishi, BMC juga mengekspor komponen ke Thailand, Filipina, Jepang, Venezuela, Brasil, dan Timur Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×