kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bakrie pecat miliuner Inggris dari Bumi Plc


Rabu, 08 Februari 2012 / 12:20 WIB
Bakrie pecat miliuner Inggris dari Bumi Plc
ILUSTRASI. Graha Andrasentra Propertindo (JGLE) bakal fokus melakukan efisiensi di tahun ini.


Reporter: Asnil Bambani Amri, BBC Indonesia, Bloomberg | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Dua pemilik saham utama Bumi Plc yang masuk dalam perdagangan London memecat miliuner Inggris, Nathaniel Rothschild dari jabatan ketua bersama di perusahaan batubara terbesar di Indonesia tersebut.

Di bawah proposal baru, Samin Tan, seorang pemegang saham besar lainnya dan dikenal sebagai sekutu terdekat keluarga Bakrie, akan ditunjuk sebagai pengganti untuk duduk bersama ketua saat ini, Indra Bakrie.

Tan dan Bakrie usai pertemuan Jumat lalu sudah mengindikasikan bahwa mereka secara resmi akan mengajukan pergantian pimpinan di perusahaan tambang tersebut dalam dua bulan mendatang.

Tan dan Bakrie yang memiliki 30% hak suara di perusahaan juga mengatakan akan mengganti kepala eksekutif Bumi, Ari Hudaya dan kepala keuangan Andrew Beckham.

Mereka menyebut pergantian ini sebagai hal yang biasa dan tidak terkait dengan masalah pribadi. "Hubungan dengan Nat Rothschild tetap profesional, kami melihatnya sebagai seorang rekan yang memiliki ketertarikan yang luas di Bumi Plc, yang merupakan satu satunya fokus dan prioritas kami,'' kata juru bicara Bakrie Grup Chris Fong.

"Proposal perubahan ini bukan tentang Nat, ini murni untuk membuat jajaran manajemen lebih kuat dan bisa merealisasikan aset alam kelas dunia ini,'' tambahnya.

Mengundang pertanyaan

Rothschild, keturunan keluarga pemilik bank terkemuka di Eropa, belum memberikan tanggapan atas pemecatan tersebut.

Pemecatan ini keluar setelah sebuah pertengkaran antara Rothschild dengan Bakrie terungkap di media pada bulan November silam, dimana Rothschild meminta adanya ''pembersihan radikal'' terhadap unit usaha Bumi Resources yang dimiliki keluarga Bakrie.

"Keluarga Bakrie dan Samin Tan mencoba menggulingkan Nat Rothschild menimbulkan beberapa pertanyaan," kata Lanang Trihardian, analis Syailendra Capital di Jakarta.

Ia bilang, investor akan mempertanyakan komitmen pemegang saham utama Bumi dalam menegakkan standar tertinggi dalam mengelola perusahaan.

Perusahaan Bakrie dikuasai oleh keluarga Aburizal Bakrie, salah satu orang terkaya di Indonesia dan tokoh penting dalam pemerintahan koalisi di Indonesia.

Saham Bumi Plc, yang memiliki sejumlah tambang di Indonesia, merosot US$12,58, atau turun 11 persen sebelum pengumuman pergantian manajemen dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×