kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,74   -6,61   -0.71%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis minuman Grup Charoen kian segar


Kamis, 15 September 2016 / 12:24 WIB
Bisnis minuman Grup Charoen kian segar


Reporter: Pamela Sarnia | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) kian serius menekuni bisnis minuman dalam kemasan. Lewat anak usahanya, PT Singa Mas Indonesia (SMI), perusahaan yang terkenal dengan produk makanan olahan ayam tersebut memperkenalkan produk baru teh kemasan gelas.

Santo Kadarusman, Public Relations & Marketing Event Manager PT Singa Mas Indonesia, bilang, produk bernama Teh Serrr dan Fruitamax terbaru menyasar segmen pasar bawah. “Kami melihat peluang di segmen pasar terbawah ini belum banyak pemainnya,” kata Santo kepada KONTAN, Rabu (14/9).

Menurut Santo, dua produk anyar tersebut akan menyasar konsumen usia sekolah. Untuk itu, distribusi lebih banyak ke pasar tradisional, yakni sebesar 70%, dan ritel modern 30%. Sebelum meluncurkan teh kemasan gelas, Singa Mas telah memiliki produk Fiesta White Tea dan Fiesta Black Tea yang menyasar pasar menengah atas. Kedua produk tersebut tersedia dalam kemasan botol dengan titik distribusi terbesar ke ritel modern.

Produk Fiesta Black Tea mulai dipasarkan Mei 2016 lalu di Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Hingga saat ini, SMI telah menjajakan lima produk minuman kemasan, berupa empat teh dalam kemasan dan satu air mineral.

Kelima produk tersebut, diurutkan dari penjualan tertinggi, adalah: Fiesta White Tea, Fiesta Black Tea, Fruitamax, Teh Serrr, dan terakhir air mineral Frozen.

Terkait penjualan, perusahaan yang berdiri tahun 2014 lalu itu mengklaim mencatat pertumbuhan 10% di semester pertama 2016 ketimbang tahun 2015. Namun, kontribusinya masih kecil ke penjualan Charoen Pokphand. “Penjualan naik karena ada ekspor Frozen ke Papua Nugini. Selain itu ada kenaikan permintaan selama bulan puasa,” terang Santo.

Perlu diketahui, Frozen memiliki dua produk yakni air mineral botol 600 mililiter (ml) dan galon 19 liter. Yang sudah diekspor adalah Frozen kemasan botol 600 ml. “Frozen kami peruntukkan bagi ekspor, setelah itu baru dalam negeri,” tambah Santo.

Santo menambahkan, pihaknya optimistis mampu mencatat kenaikan penjualan, meski persaingan bisnis ini terbilang ketat. Untuk melakoni bisnis minuman ini, Singa Mas Indonesia mengandalkan pabrik di Cikande, Jawa Barat dan di Pandaan, Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×