kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,80   -7,56   -0.81%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bulog siap serap cabai petani


Selasa, 21 Februari 2017 / 22:33 WIB
Bulog siap serap cabai petani


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Harga cabai rawit merah di pasaran DKI Jakarta masih tinggi. Berdasarkan pantauan Kontan di Pasar Kebayoran Lama, harga cabai rawit merah masih Rp 140.000 per kilogram (kg). Begitu Pula di Pasar Palmerah, harganya masih Rp 150.000 per kg.

Pertengahan Desember 2016 lalu harganya masih sekitar Rp 80.000 per kg. Lalu mulai merangkak hingga menembus Rp 100.000 per kg sejak awal Januari 2017. Bahkan harga cabai rawit merah di beberapa daerah sempat melampaui Rp 150.000 per kg.

Melihat harga cabai rawit merah yang tak kunjung turun, Perum Badan Logistik (Bulog) akhirnya turun tangan untuk melakukan stabilisasi harga. Bulog menyerap hasil panen di beberapa sentra cabai rawit untuk didistribusikan ke beberapa wilayah.

Akan tetapi, hal ini rencananya dilakukan bertahap. Direktur Pengadaan Perum Bulog, Tri Wahyudi Saleh mengatakan penyerapan cabai rawit di tingkat petani sudah dilakukan sejak awal Januari lalu. Bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kemtan), Bulog menyerap cabai rawit di beberapa sentra produksi.

"Awal Januari kami sempat menyerap cabai rawit di Magelang, Malang, Cianjur, dan Jember. Belum ada penugasan pun, kami sudah menyerap," terang Tri, Senin (20/2). Cabai rawit asal Magelang didistribusikan ke Samarinda, sedangkan asal Malang, Jember, dan Cianjur dialokasikan untuk daerahnya sendiri.

Tri menjelaskan bahwa penugasan resmi untuk menyerap cabai rawit baru didapatkan Bulog sekitar 14 Februari lalu. Saat ini, Bulog tengah mendata sentra produksi mana saja yang sedang dan akan panen. Bulog bekerjasama dengan Dinas Pertanian setempat untuk mengetahui sentra mana yang sedang dan akan panen. Selain itu Pemerintah juga menggandeng PPI untuk menyerap cabai rawit petani.

"Begitu ada daerah yang harga cabainya tinggi, kami cari barang di sentra produksi dan langsung kami kirim," ujar Tri. Anggaran yang disiapkan Bulog untuk menyerap cabai petani sepanjang tahun 2017 sebesar Rp 20 Milyar.

Saat menyerap panen awal Januari lalu, Bulog membeli cabai rawit dari petani dengan harga sekitar Rp 30.000 - Rp 40.000 per kg. Dan dijual oleh Bulog sekitar Rp 60.000 per kg. Jumlah cabai rawit yang diserap Januari lalu tidak terlalu banyak, sekitar 2 ton cabai rawit. Tri berharap bulan Februari ini Bulog bisa menyerap cabai rawit lebih banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×