INDUSTRI
Berita
CJ Indonesia mematok target konservatif di 2013

Agribisnis

CJ Indonesia mematok target konservatif di 2013


Telah dibaca sebanyak 1528 kali
CJ Indonesia mematok target konservatif di 2013

JAKARTA. Produsen ternak terpadu, Cheil Jedang Indonesia (CJ Indonesia) mematok target konservatif pada tahun depan. Perusahaan ini memproyeksikan produksi anak ayam usia sehari atau day old chicken (DOC) selama 2013 sebanyak 100 juta ekor atau sama dengan target produksi tahun ini.

Wahyu Nugroho, Marketing Manager CJ Indonesia menilai, harga jual DOC yang masih di bawah harga pokok produksi (HPP) membuat pihaknya
mematok target produksi di angka yang sama. "Harga DOC sangat mempengaruhi target produksi dan ekspansi perusahaan," kata Wahyu,
Rabu (5/12).

CJ Indonesia saat ini menjual DOC Rp 2.000 per ekor. Harga DOC pada Agustus-November lalu sempat anjlok ke Rp 1.000 hingga Rp 1.500 per ekor. Menurut Wahyu, harga ideal DOC Rp 3.000 per ekor.

Namun demikian, CJ Indonesia masih bertahan memproduksi DOC lantaran dikompensasi sektor usaha lain yakni pakan ternak. Hingga awal Desember ini, produksi DOC CJ Indonesia mencapai 90% dari target. Pencapaian tahun ini, menurut Wahyu, lebih tinggi 10% dari tahun lalu. Saat ini, CJ Indonesia memiliki lokasi pembibitan DOC di enam daerah, yakni di Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi, dan Lampung.

Untuk membiakkan DOC, CJ Indonesia menggunakan indukan atau parent stock (PS) milik sendiri dan dari perusahaan lain. "Persentasenya 50:50," kata Wahyu. Setiap satu grand parent stock (GPS) dapat menghasilkan 40 ekor PS. Sedangkan satu PS dapat menghasilkan 130 ekor DOC.

Tahun depan, CJ Indonesia berniat menambah kandang pembibitan DOC di Sumatra. "Kapasitasnya 50.000 ekor, dengan investasi hingga Rp 15
miliar," kata Wahyu.

Editor: Sandy Baskoro
Telah dibaca sebanyak 1528 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • DJP minta caleg dan capres transparan data pajak

    +

    Pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan presiden baru sebentar lagi mewarnai tahun 2014

    Baca lebih detail..

  • Akbar Tandjung siap jadi cawapres Jokowi

    +

    Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung menyatakan siap maju sebagai bakal calon wakil presiden, termasuk berpasangan dengan Joko Widodo

    Baca lebih detail..