kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daihatsu akan produksi mobil murah?


Sabtu, 15 September 2012 / 09:51 WIB
Daihatsu akan produksi mobil murah?
ILUSTRASI. Tesla. REUTERS/Fabrizio Bensch/File Photo


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Daihatsu Indonesia dan Toyota Astra Motor ternyata sudah mempersiapkan produk mobil murahnya untuk menghadapi kebijakan mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) yang dicanangkan pemerintah.

Toyota akan memberikan gelar Agya kepada mobil murah tersebut, sementara Daihatsu akan memberikan nama Ayla. Kedua proyek mobil murah dari agen tunggal pemegang merek (ATPM) mobil terbesar di Indonesia kini tinggal menunggu regulasi resmi dari pemerintah.

Rencana ini diketahui karena PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah mendaftarkan produksi Ayla ke Kementerian Perindustrian, kemarin(14/9). Dalam catatan tersebut, Daihatsu menggunakan kode "DAIHATSU B100RS" untuk mobil murahnya itu.

Daihatsu membagi Ayla dengan tiga tipe utama dengan perbedaan pada transmisi dan fitur. Sumber ADM mengatakan, pendaftaran izin dilakukan untuk menyambut regulasi yang akan diterbitkan pemerintah.

"Kalau regulasinya sudah ada, tidak perlu menunda waktu untuk melakukan perizinan dulu, tinggal produksi saja. Saat ini mobil lagi dites, belum ada hasilnya," ujar sumber kepada KompasOtomotif, hari ini.

Rencana ini sejalan dengan rencana PT Toyota Astra Motor (TAM) yang memastikan akan memajang Toyota Agya diIIMS minggu depan. "Sudah banyak yang membicarakan, kemungkinan besar itu (Agya) akan kami pamerkan juga," ujar Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran TAM di Jakarta, kemarin (13/9).

Kepastian yang disampaikan Joko, dijadikan kunci oleh Daihatsu untuk melakukan hal yang sama. Apalagi proyek ini dipegang oleh Daihatsu.

Kolaborasi

PT Astra International Tbk (Grup Astra) pekan depan juga memastikan, mengumumkan kolaborasi ketiga antara Toyota-Daihatsu menciptakan produk bersama setelah Avanza-Xenia dan Rush-Terios yang fenomenal.

Pengumuman kolaborasi langsung disampaikan oleh bos Astra, Prijono Sugiarto, Sudirman Maman Rusdi, Johnny Darmawan, Vice President Toyota Motor Corporation Yukitoshi Funo dan Presiden Daihatsu Motor Company Koichi Ina. Kehadiran pentolan prinsipal itu tidak lain untuk merestui kolaborasi ketiga Toyota Agya-Daihatsu Ayla di Indonesia.

Mekanismenya tetap sama dengan kolaborasi sebelumnya, ADM bertanggung jawab untuk memproduksi sekaligus memasok untuk Toyota. Untuk strategi pemasaran dibagi sesuai segmen. Daihatsu menyasar ke menengah bawah sedangkan Toyota menengah atas. Pembagian segmen ini berkaitan erat dengan, banderol harga yang akan ditawarkan nantinya!. (Agung Kurniawan/Kompas.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×