kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Disuntik Alibaba, ini rencana bisnis Tokopedia


Senin, 28 Agustus 2017 / 19:29 WIB
Disuntik Alibaba, ini rencana bisnis Tokopedia


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - Tokopedia mengaku tak memiliki target transaksi spesifik di tahun ini. Namun, setelah disuntik US$ 1,1 miliar oleh Alibaba, ada target besar Tokopedia.

"Tidak ada target spesifik. Target kami berikutnya adalah mengembangkan Indonesia sebagai pusat inovasi terbesar di Asia Tenggara, jadi fokus di pengembangan SDM. Di sisi lain, juga targetnya terdapat 20 juta masyarakat menggunakan Tokopedia untuk mengembagkan bisnisnya. Saat ini baru saat ini ada 2 juta orang," ungkap William Tanuwijawa, Chief Executive Officer dan Co-founder Tokopedia kepada KONTAN, Senin (28/8).

Saat ini, terdapat lebih dari 2 juta masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke selama 8 tahun terkahir memulai dan mengembangkan bisnis mereka di dalam Tokopedia.

"Setiap bulannya terdapat lebih dari 35 juta pengunjung Tokopedia. Hal ini setara dengan 7 kali lipat penduduk Singapura. Para pengunjung tersebut mengunjungi aplikasi dan situs Tokopedia sekurang-kurangnya 150 kali juta kunjungan," papar William. Hal ini mengantarkan Tokopedia sebagai situs dan aplikasi paling banyak dikunjungi dan dipakai di Indonesia.

Saat ini Tokopedia memiliki tim sebanyak 1.500 karyawan Tokopedia. Saat ini Tokopedia telah menerima investasi senilai US$ 1,1 miliar dari Alibaba Group. "Investasi ini akan menjadikan Alibaba Group sebagai pemegang saham minoritas di Tokopedia," ungkap William.

William bilang dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan riset terbaik se asian tenggara. Selain itu melalui dana investasi ini, William mengajak putra putri terbaik bangsa dimana saya untuk bergabung mengembangkan Tokopedia.

Selain itu, dana tersebut akan digunakan untuk mengakselerasi pertumbuhan lebih dari 20 juta merchant Tokopedia dan membangun jutaan lapangan baru. Selain itu juga digunakan untuk mempererat kerja sama dengan pihak logistik, perbankan, dan pemerintah.

Ke depannya, William menyatakan Tokopedia akan fokus dalam peningkatan layanan secara merata dari kota besar hingga pelosok Indonesia. Selain itu Tokopedia juga akan mengembangkan mitranya agar masyarakat bisa berkembang dimanapun tanpa harus datang ke kota-kota besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×