INDUSTRI
Berita
Ekspor Manggis Naik Signifikan

EKSPOR MANGGIS

Ekspor Manggis Naik Signifikan


Telah dibaca sebanyak 1813 kali
Ekspor Manggis Naik Signifikan

JAKARTA. Pamor manggis sebagai buah eskpor andalan Indonesia semakin mencuat. Lihat saja angka ekspor manggis selama dua bulan pertama tahun ini.

Volume ekspor buah berasa manis-manis asam ini sepanjang Januari dan Februari 2010 meningkat signifikan, bahkan nyaris menyamai volume ekspor sepanjang tahun 2009.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor manggis yang lazim disebut exotic fruit untuk periode Januari dan Februari 2010 mencapai 8.225 ton melejit 91% dibandingkan volume ekspor Januari- Februari 2009 yang hanya 4.285 ton. Sementara nilainya melejit 120% dari US$ 2.781.712 di Januari-Februarti 2010 menjadi US$ 6.310.272.

Dus, kinerja ekspor manggis pada dua buulan pertama tahun ini nyaris mendekati realisasi ekspor sepanjang 2009 lalu yang volumenya 9.987 ton dengan nilai US$ 6.451.923.

Ketua Umum Asosiasi Eksportir Importir Buah dan Sayuran Segar Indonesia (ASSIBSINDO) Kafi Kurnia menilai, ekspor manggis melesat karena kualitas buah lebih baik ketimbang tahun lalu. Cuaca yang panas tahun ini membikin manggis berkembang dengan baik. “Kalau terus seperti ini, panen akan bagus," kata Kafi.

Telah dibaca sebanyak 1813 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Ada ratusan produk, pilih mana?

    +

    Ada sekitar 850 produk reksadana beredar saat ini. Pilihlah yang sesuai dengan gaya investasimu

    Baca lebih detail..

  • Menimbang return reksdana dan investasi lain

    +

    Return reksadana memang ciamik sepanjang tahun ini. Tapi, belakangan muncul gejolak di pasar. Apakah lebih baik mengamankan aset di instrumen aman seperti deposito, atau emas yang harganya sekarang lebih murah?

    Baca lebih detail..