kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Honda Geser Dominasi Yamaha di Pasar Skutik


Rabu, 16 Juni 2010 / 07:38 WIB
Honda Geser Dominasi Yamaha di Pasar Skutik


Reporter: Nadia Citra Surya |

JAKARTA. Dominasi Yamaha di pasar skutik nampaknya mulai bergeser. Meski salip menyalip dalam hal total penjualan dengan motor Honda, biasanya Yamaha selalu merajai pasar skuter matik. Namun kondisi tersebut berubah pada bulan Mei lalu. Secara mengejutkan total penjualan skutik keluaran Honda berhasil menggeser dominasi Mio.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), total penjualan skutik pada bulan Mei tercatat 271.549 unit. Untuk pertama kalinya, Honda membukukan angka penjualan tertinggi yaitu 136.205 unit. Sementara Yamaha tertahan diposisi kedua dengan total penjualan skutik 120.995 unit.

Senior General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor Sigit Kumala mengatakan, meski tergolong sebagai pemain baru di segmen skutik pencapaian tersebut merupakan keberhasilan Honda dalam melakukan penetrasi pasar. "Ini artinya pasar menerima model skutik keluaran Honda," kata Sigit (14/6).

Ia pun berjanji akan mengubah beberapa strategi bisnis guna memperlancar jalur distribusi. “Kami akan berupaya mempercepat pengiriman pesanan skutik ke konsumen yang saat ini masih inden sekitar 2 bulan," imbuh Sigit.

Kontribusi terbesar penjualan skutik AHM berasal dari model Honda BeAT yang pada bulan lalu terjual sebanyak 68.245 unit, diikuti dengan Honda Vario sebanyak 67.960 unit. Penjualan skutik Honda ini diharapkan akan tumbuh lebih besar di bulan berikutnya menyusul telah diluncurkannya skutik retro-modern, Honda Scoopy.

Olivia Widyasuwita, Dealer Development Head, Marketing Department PT wahana Makmur Sejati sebagai main dealer AHM mengatakan selama tiga hari pameran di Pekan Raya Jakarta penjualan Scoopy telah mendominasi transaksi yang terjadi. "Dari 500 unit transaksi penjualan yang terjadi dari tanggal 10 hingga 12 Juni 2010 saja, lebih dari separohnya adalah pembelian Scoopy," kata Olivia kepada KONTAN akhir pekan kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×