: WIB    --   
indikator  I  

Inovasi ala Alfamart untuk mendongkrak transaksi

Inovasi ala Alfamart untuk mendongkrak transaksi

JAKARTA. Dalam dua tahun terakhir, terjadi perubahan kebiasaan masyarakat dalam transaksi pembelian barang kebutuhannya sehari-hari. Sekarang, kian banyak masyarakat yang menggunakan alat pembayaran berbentuk kartu plastik ketimbang menggunakan uang fisik (cashless). 

Perubahan kebiasaan ini terjadi karena masyarakat semakin dimudahkan dalam bertransaksi. Tak perlu lagi membawa uang fisik atau mempersiapkan uang pecahan kecil untuk membayar. Cukup tapping dan transaksi selesai.

Perubahan kebiasaan konsumen inilah yang dipikirkan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Selaku salah satu perusahaan dengan jaringan minimarket terbesar, manajemen perlu membuat terobosan.

Dua pekan lalu, Alfamart resmi menggandeng TADA Network, perusahaan berbasis teknologi yang bergerak di bidang kartu hadiah atau e-gift. Kolaborasi dua perusahaan ini menghasilkan dua produk, yakni Alfamart Value Card dan eGift Alfamart. Semua kartu itu berlogo TADA360.

Sekilas, fungsi Alfamart Value Card merupakan alat pembayaran yang menyerupai uang elektronik (e-money). Namun, kartu plastik ini mengadopsi  closed loop system. Artinya, kartu ini hanya bisa digunakan bertransaksi di Alfamart saja. Alfamart Value Card juga memiliki batasan saldo maksimal sebesar Rp 1 juta. 

Pengguna kartu ini bisa melakukan top up saldo, melihat transaksi yang telah dilakukan, serta memeriksa saldo yang tersisa dengan masuk ke dalam website khusus yang telah disiapkan oleh TADA Network. Untuk mendapatkan kartu ini, pelanggan dikenakan biaya Rp 52.500 per kartu. Perinciannya, Rp 2.500 biaya kartu dan deposit dana Rp 50.000.

Sementara, eGift Alfamart merupakan salah satu digital gifting. Konsumen hanya perlu menunjukkan kode unik kepada kasir gerai Alfamart untuk mendapatkan benefit sesuai dengan eGift yang didapatkan. 

Sistem eGift Alfamart ini didesain oleh TADA Network agar pengirimannya dapat diotomatisasi sesuai tanggal ulang tahun seseorang. Tampilan eGift Alfamart ini juga bisa disesuaikan dengan branding korporasi yang membeli.

Selain eGift dalam bentuk kupon yang berisi nominal, Alfamart juga menggandeng produsen produk kebutuhan harian atau fast moving consumer goods (FMCG) sehingga eGift yang diberikan oleh korporasi dapat ditukar langsung dengan produk pilihan.

Direktur Marketing PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Ryan Alfons Kaloh mengatakan kerjasama ini sifatnya menguntungkan kedua belah pihak.

Bagi Alfamart, Alfamart Value  Card dan eGift Alfamart akan memberikan kemudahan bagi konsumen yang dalam berbelanja dan mengirimkan hadiah dan kado pada seseorang.

Inovasi layanan

Adapun bagi TADA Network, kerjasama ini memberikan nilai tambah bagi pengguna kartu TADA360 karena bisa digunakan di jaringan Alfamart, sehingga memperluas bisnisnya. 

Ryan menambahkan, Alfamart Value Card akan melengkapi layanan Alfamart berbasis kartu yang telah ada. Sebelumnya, Alfamart memiliki kartu loyalitas pelanggan yang diberi nama Kartu Ponta. Pelanggan yang bertransaksi di gerai Alfamart akan mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan produk yang dijual di Alfamart.

Managing Director TADA Network, Antonius Taufan menambahkan, penggunaan eGift dan TADA360 ini sangat praktis dan memudahkan penggunanya. Sebab, pemberian hadiah kepada karyawan atau pelanggan bisa dilakukan secara cepat, lewat pesan singkat atau SMS, aplikasi WhatsApp, dan surat elektronik (e-mail).

Khusus eGift Alfamart, menurut Antonius, isi yang dikirimkan bisa beragam. Baik itu, dalam nilai rupiah, misalnya saja berisi nominal Rp 150.000 yang bisa digunakan untuk belanja di gerai Alfamart

Bisa juga dalam bentuk barang, semisal penerima eGift bisa menukarkan eGift nya dengan sejumlah barang  kebutuhan harian dari produsen yang telah bekerjasama dengan Alfamart

“Ini merupakan bentuk inovasi agar layanan kepada konsumen atau pelanggan bisa dilakukan secara cepat, belanja lebih mudah serta bisa memberikan apresiasi kepada karyawan dan konsumen lebih cepat merupakan sebuah nilai tambah,” kata Antonius.

Sayangnya, Alfamart Value  Card ini masih belum bisa digunakan pada semua gerai Alfamart. Manajemen beralasan, mereka masih memerlukan waktu untuk sosialisasi kartu baru ini, termasuk untuk proses distribusinya. 

Namun, manajemen Alfamart menjamin bahwa pada Juni 2017 nanti, kartu Alfamart Value sudah bisa digunakan di 12.366 gerai Alfamart.

Manajemen belum bersedia mengungkapkan target bisnis dari kedua layanan ini. Namun, Alfamart optimis kartu ini akan berdampak pada peningkatan transaksi. Apalagi, kartu bisa digunakan di semua gerai. Saat ini, TADA Network sudah bekerjasama dengan 180 perusahaan. Tinggal sebagai konsumen, maukah Anda memberi kado dari minimarket?    


Reporter Agung Jatmiko
Editor Dikky Setiawan

RITEL

Feedback   ↑ x
Close [X]