kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang mudik Lebaran, layanan rest area dan jalur fungsional dioptimalkan


Kamis, 31 Mei 2018 / 12:14 WIB
Jelang mudik Lebaran, layanan rest area dan jalur fungsional dioptimalkan
ILUSTRASI. JALAN TOL SOLO-KERTOSONO


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) melakukan berbagai persiapan di jalan tol guna memberikan pelayanan terbaik bagi pemudik. Persiapan tersebut didukung oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2018 yang aman, nyaman dan lancar.

"Kementerian BUMN bersama Jasa Marga berupaya memastikan pelaksanaan arus mudik dan balik lebaran tahun ini bisa terlaksana dengan aman, nyaman, dan lancar. "kata Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN, Ahmad Bambang di Jakarta, Kamis (31/5).

Segala upaya dan strategi yang dilakukan oleh Jasa Marga guna mempersiapkan pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2018 merupakan bentuk komitmen Jasa Marga dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi pemudik khususnya pengguna jalan tol.

Sebagai wujud peningkatan pelayanan, Jasa Marga telah mempersiapkan sarana dan prasarana rest area diantaranya dengan menambah sejumlah fasilitas di rest area, seperti toilet, tempat ibadah, dan stasiun pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) portable.

Jasa Marga juga membuat sistem zoning atau manajemen lalu lintas di dalam rest area, yaitu dengan membuat jalur khusus antara kendaraan yang ingin mengisi BBM, menuju toilet, atau tempat makan agar tidak terjadi antrean.

Salah satu rest area yang cukup krusial dan kerap dikunjungi oleh para pemudik setiap tahunnya adalah rest area km 207 ruas Palikanci. Pada titik ini, Jasa Marga menerapkan strategi dengan membuat sistem zoning guna mengantisipasi penumpukan kendaraan.

“Selain menerapkan sistem zoning, kami juga mengoptimalisasi kapasitas parkir di rest area dengan tidak menambah area komersial di area parkir, hal tersebut tentu digunakan untuk mengurangi kepadatan di dalam rest area," kata Direktur Operasi II Jasa Marga, Subakti Syukur.

Untuk mengoptimalkan pantauan di dalam rest area, Jasa Marga juga telah menyiapkan sistem rest area monitoring yang mengatur lalu lintas, menghitung ketersediaan lahan parkir, dan sistem pengawasan dengan mengandalkan teknologi sensor seperti CCTV Vehicle Counting dan CCTV Surveillance yang dapat membaca jumlah banyak dan jenis kendaraan yang masuk dan keluar rest area.

Selain itu, Jasa Marga juga akan mengoptimalkan jalur-jalur fungsional yang akan digunakan sebagai jalur mudik Lebaran. Ini merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh Jasa Marga untuk memastikan kelancaran arus mudik dan balik lebaran tahun ini, tanpa menemui suatu kendala apapun.

Tahun ini, proyek jalan tol milik kelompok usaha Jasa Marga yang diberlakukan sebagai jalur fungsional terdapat sepanjang 185,34 km. Proyek-proyek yang dijadikan jalur fungsional terdiri dari proyek jalan tol Batang-Semarang (75 km), proyek jalan tol Semarang Solo ruas Salatiga-Kartasura (32,24 km), proyek jalan tol Solo-Ngawi ruas Sragen-Ngawi (51 km), proyek jalan tol Ngawi-Kertosono ruas Wilangan-Kertosono (37,51 km), proyek jalan tol Pandaan-Malang ruas Pandaan-Lemahbang (5 km), Sumber Wuni-Singosari (7,10 km).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×