kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenhub gelar pelatihan tentang aeronautical bagi pilot pemula


Rabu, 24 Januari 2018 / 16:43 WIB
Kemenhub gelar pelatihan tentang aeronautical bagi pilot pemula
Pilot pesawat komersial


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan akan menyelenggarakan upgrading training aeronautical knowledge bagi pilot pemula (Ab Initio) di Jakarta pada 24-25 Januari 2018.

Acara tersebut dibuka oleh oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Budi menyatakan, acara tersebut merupakan inisiasi untuk menyelesaikan masalah penyerapan pilot Ab Initio di maskapai penerbangan Indonesia.

Menurutnya ada rantai yang terputus (missing link) antara keinginan para pilot dan maskapai penerbangan dengan sekolah pilot sebagai pencetak pilot Ab Initio.

"Kami prihatin dengan hal tersebut. Namun Kementerian Perhubungan tidak akan tinggal diam. Kami akan mengajak semua pihak untuk melakukan koreksi diri (self correction), memperbaiki dan menyambung missing link tersebut untuk menyelesaikan masalah di masa depan," ujar Budi dalam keterangan resminya, Rabu (24/1).

Budi Karya melanjutkan bahwa semua itu harus dilakukan dengan melalui proses. Untuk itu, dia mengapresiasi acara pembekalan yang dilakukan oleh Ditjen Perhubungan Udara ini sebagai salah satu rangkaian proses perbaikan tersebut.

Pada acara ini juga diundang para Direktur maskapai penerbangan untuk berperan aktif dan berkontribusi dalam penyerapan Sumber Daya Manusia berkompetensi pilot ab initio. Budi berharap agar semua pilot ab initio yang hadir pada upgrading training ini mempersiapkan diri untuk mengikuti proses seleksi di maskapai penerbangan dan dengan penuh keyakinan.

"Saya yakin kalian mampu untuk lulus pada seleksi dimaksud," ujarnya.

Budi mengimbau kepada sekolah penerbangan untuk senantiasa mematuhi ketentuan regulasi yang berlaku dan meningkatkan kualitas instruktur, silabus, fasilitas training yang didukung oleh kualitas manajemen yang baik sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuai dengan standar maskapai penerbangan dalam negeri dan asing.

Dalam laporannya, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengatakan bahwa penyelenggaraan Upgrading Training Aeronautical Knowledge kepada para Pilot Ab Initio ini adalah merupakan salah satu tindak lanjut program optimalisasi penyerapan pilot ab initio di mana pada pertemuan sebelumnya pada bulan November 2017 lalu.

Pengumuman dan Registrasi program Upgrading Training Aeronautical Knowledge ini melalui pendaftaran portal online: www.learning.dkppu.id termasuk untuk sharing materi dan questionnaires bank yang bisa langsung diakses oleh para Ab Initio.

Pilot Ab Initio yang telah melakukan registrasi untuk mengikuti Upgrading Training Aeronautical Knowledge sejumlah ± 350 pilot lulusan dari beberapa Sekolah Penerbang. Di antaranya Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi (BP3B), Deraya Flying School, Perkasa Flying School, Deraya Flying School, dan lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×