: WIB    —   
indikator  I  

Kolaborasi jemput bola Astra Otoparts & Alfamart

Kolaborasi jemput bola Astra Otoparts & Alfamart

KONTAN.CO.ID - Dalam persaingan bisnis yang ketat dan minat konsumen yang mudah berubah, perusahaan dituntut jeli memahami dan bisa memenuhi kebutuhan pasar dengan cepat, dan tentu saja dengan tetap efisien. Tujuannya agar bisa tetap mempertahankan dominasi di pasar dan produk serta jasanya tetap menjadi pilihan utama konsumen.

Untuk bisa bergerak cepat dan efisien, perusahaan harus punya strategi mumpuni. Salah satunya dengan berkolaborasi. Kerjasama itu bisa digalang dengan perusahaan pada sektor bisnis yang sama, maupun dengan perusahaan yang lini bisnisnya berbeda, tapi  pasar yang dibidik tidak jauh berbeda.

Strategi inilah yang kini coba ditempuh PT Astra Otoparts Tbk. Perusahaan manufaktur dan distribusi komponen otomotif ini berkolaborasi dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) untuk menghadirkan layanan Shell-Astra Motoquick yang diluncurkan awal Juni 2017 lalu.

Motoquick adalah layanan pengecekan dan penggantian beberapa komponen sekaligus, mulai oli, ban, hingga aki bagi kendaraan roda dua. Stannya kini bisa ditemui di beberapa gerai Alfamart di Jakarta dan Tangerang.  “Motoquick masih soft launching (peluncuran awal) pada Juni lalu,” ujar Rio Sanggau, Sales & Marketing Division Head PT Astra Otoparts.

Rio mengatakan, layanan Motoquick hadir karena banyaknya kendaraan roda dua di Indonesia. Saat ini, jumlah motor di jalan mencapai 98,88 juta unit. Motor ini membutuhkan perawatan secara berkala, khususnya ban, aki, dan oli.

Berdasarkan survei yang dilakukan perusahaan, para pengguna sepeda motor membutuhkan suku cadang bersifat fast moving dari mekanik handal dan mudah diakses.


Reporter Roy Franedya
Editor Bagus Marsudi

Kolaborasi jemput bola Astra Otoparts & Alfamart

Feedback   ↑ x
Close [X]