kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Majukan UKM, Bukalapak gelar roadshow ke 6 kota


Senin, 25 Juli 2016 / 17:01 WIB
Majukan UKM, Bukalapak gelar roadshow ke 6 kota


Reporter: Dian Sari Pertiwi | Editor: Dadan M. Ramdan

JAKARTA. Bisnis usaha kecil menengah (UKM) memiliki potensi yang besar bagi perekonomian Indonesia. Namun, sebagai usaha berskala kecil, para pelaku UKM masih memiliki berbagai keterbatasan. Seperti permodalan, pengembangan produk dan keterampilan, hingga keterbatasan wilayah pemasaran.

Hal ini ditangkap oleh Bukalapak sebagai salah satu pemain online marketplace di Indonesia. "Demi mencapai percepatan kemajuan UKM di Indonesia, Bukalapak bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif untuk membantu 100.000 UKM Go Online," kata Achmad Zaky, CEO Bukalapak.

Sebagai urat nadi industri online marketplace, Bukalapak mengadakan program-program untuk membantu percepatan pertumbuhan UKM. Program ini digelar lewat serangkaian kunjungan ke beberapa kota di daerah untuk menjaring lebih banyak UKM dan memperkenalkan teknologi digital sebagai media pemasaran mereka. "Bulan depan rencananya Bukalapak akan menjalankan program roadshow di 6 kota untuk memberikan pelatihan kepada UKM," ujar Evi Andarini, PR Manager Bukalapak (24/7).

Lewat program tersebut, Bukalapak juga melakukan pendampingan pemasaran online, fasilitas hak cipta, dukungan finansial, pengembangan talent dengan pelatihan keterampilan serta pembinaan pengembangan produk kreatif. Keenam kota tersebut adalah Yogyakarta, Malang, Semarang, Bali, Palembang, dan Pontianak.

Asal tahu saja, jumlah UKM yang mendaftar dan bergabung dengan Bukalapak sudah hampir 1 juta. Bukalapak juga memiliki komunitas yang tersebar di 40 daerah di Indonesia. Program komunitas secara rutin mengadakan kopi darat di berbagai daerah di Indonesia untuk berbagi pengalaman dan wawasan dalam meningkatkan penjualan para pelapak

Dengan pencapaian tersebut, Achmad Zaky sebagai pendiri online marketplace ini pun mendapat Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Joko Widodo karena dianggap telah berperan aktif memajukkan pelaku UKM dengan memanfaatkan teknologi internet. Atas program ini, Bukalapak juga memenangkan The Loyalty and Engagement Awards 2016 kategori The Best Use of Consumer Insight/Data Analytics dan The Best Use of Mobile.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×