kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,46   -25,27   -2.62%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mobil China Wuling bangun pabrik LCGC US$700 juta


Senin, 02 Februari 2015 / 04:52 WIB
Mobil China Wuling bangun pabrik LCGC US$700 juta
ILUSTRASI. Cara Perpanjang Mudah, Kunjungi SIM Keliling Bekasi & Bogor Hari Ini (15/8)


Reporter: Asnil Bambani Amri, Benediktus Krisna Yogatama, Widiyanto Purnomo | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Mobil China akan kembali merangsek pasar Indonesia. Lewat SAIC Motor Corp dan Liuzhou Wuling, mereka masuk dengan memproduksi mobil murah hemat energi atau low cost green car (LCGC) di Indonesia.

Tak mau tanggung-tanggung, dua perusahaan asal Tingkok ini menggandeng General Motor (GM) dari Amerika Serikat (AS) dengan membuat perusahaan patungan SGMW-Wuling. Rencananya: kongsi antar perusahaan otomotif ini membenamkan dana investasi US$ 700 juta untuk mendirikan pabrik LCGC di atas lahan 60 hektare (ha) di kawasan industri Deltamas, Cikarang, Bekasi.

Selain memproduksi mobil murah, pabrik ini juga disiapkan untuk membikin mobil multi purpose vehicles (MPV). Panggah Susanto, Pelaksana Tugas Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi, Kementerian Perindustrian (Kemprin) mengatakan, SGMW-Wuling sudah menyampaikan rencana investasi ini saat berkunjung, Jumat (30/1) pekan lalu.

Dalam rencananya, SGMW akan membangun pabrik mobil dengan kapasitas 150.000 unit per tahun. Pengerjaan pabrik dilakukan dua tahap. Tahap pertama, mulai bulan Agustus tahun ini dan tahap kedua di mulai Oktober 2015. Targetnya, pabrik ini bisa beroperasi penuh mulai Agustus 2017. "Pabrik Wuling di Indonesia akan menjadi basis produksi di Asia Tenggara," ujar Panggah.

Matt Tsien, Chief GM China bilang, keinginan SGMW Wuling masuk pasar mobil Indonesia sudah lama. Pasar LCGC yang menggiurkan menjadi alasan, meski sudah didominasi merek Jepang. "Masih banyak ruang kami di bisnis ini,” kata Tsien ke Reuters.

Salah satu buktinya adalah Nissan Motor Indonesia yang membawa mobil murah Datsun tetap bisa mencuil pasar mobil LCGC di Indonesia. Ketua IV Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Rizwan Alamsjah menilai, segmen pasar LCGC memang masih berpeluang tumbuh di Indonesia. "Mereka tinggal mengisi pasar yang sedang tumbuh," kata Rizwan.

Adapun praktisi industri otomotif Jhonny Darmawan, menilai, SGMW-Wuling masuk ke Indonesia karena mereka melihat peluang pasar mobil di Indonesia dan ASEAN. "Wajar mereka hadir di Indonesia, pasar mobil di Indonesia masih bagus, apalagi terkoneksi dengan pasar ASEAN," jelas Jhonny.

Jika rencana ini terealisasi, maka Wuling menjadi satu-satunya produsen LCGC non Jepang yang akan bersaing di pasar Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×