kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nokia teken kesepakatan dengan NTT DOCOMO untuk layanan 5G


Kamis, 22 Februari 2018 / 09:24 WIB
Nokia teken kesepakatan dengan NTT DOCOMO untuk layanan 5G
ILUSTRASI. Nokia


Reporter: Klaudia Molasiarani | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nokia telah meneken kesepakatan dengan NTT DOCOMO, operator seluler terbesar di Jepang, untuk memasok produk baseband 5G yang akan diterapkan dalam jaringan mobile 5G yang akan beroperasi secara komersial pada tahun 2020.
 
Nokia akan mendukung operasi komersial 5G NTT DOCOMO di Jepang dengan menghadirkan peningkatan lebih lanjut bagi baseband unit yang sudah ada dan mengintegrasikan perangkat AirScale Nokia berbasis 5G New Radio (5G NR) ke jaringan NTT DOCOMO.

Jaringan tersebut juga didukung oleh kecepatan tinggi ekstrem 5G, kapasitas superior, dan ultra-low latency.

Berdasarkan kesepakatan ini, Nokia akan mendukung NTT DOCOMO dalam evolusi jaringannya dari 4G/LTE menjadi 5G dengan menyediakan teknologi berdasarkan standar baru 5G NR yang sesuai dengan 3GPP, di mana tahap pertamanya telah diluncurkan sebelum akhir tahun 2017.

Hiroshi Nakamura, Executive Vice President and Chief Technology Officer NTT DOCOMO dalam rilis yang diterima KONTAN.co.id mengatakan, pihaknya telah berkolaborasi dengan mitra seperti Nokia dalam berbagai uji coba teknologi 5G dan kasus penggunaan sejak tahun 2014.

"Melalui kesepakatan dengan Nokia ini, kami ingin berlanjut untuk meluncurkan layanan mobile 5G pada tahun 2020 dan mempercepat kolaborasi penciptaan layanan dan bisnis baru dengan mitra-mitra industri vertikal," ungkap Hiroshi seperti dikutip dalam rilis.

Marc Rouanne, President of Mobile Networks Nokia mengatakan, kesepakatan dengan NTT DOCOMO ini merupakan suatu tonggak yang penting dalam mewujudkan 5G komersial menjadi kenyataan, terutama di negara dengan sejarah yang panjang dan membanggakan di bidang kemajuan teknologi dan pelopor dalam adopsi teknologi.

"Bersama-sama kami telah bekerja keras dalam beberapa bulan terakhir untuk memulai persiapan peluncuran layanan 5G operasional NTT DOCOMO pada tahun 2020, yang telah kita mulai melalui pengumuman hari ini," ujar Rouanne.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×