: WIB    --   
indikator  I  

Operator getol membangun jaringan fiber optik

Operator getol membangun jaringan fiber optik

KONTAN.CO.ID - Agar dapat menunjang layanan data bagi para pelanggannya, para penyedia operator telekomunikasi giat membangun jaringan serat optik. Salah satunya PT XL Axiata (EXCL) yang sudah membangun jaringan serat optik sepanjang 40.000 km hingga Agustus tahun ini.

Tri Wahyuningsih selaku GM Corporate Communication EXCL menyatakan bahwa ke depannya perseroan akan terus mengembangkan jaringan baik di Pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa.

Sayangnya, Tri enggan berkomentar soal detail target yang dikejar perseroan untuk mengembangkan serat optik hingga akhir tahun.

"Hingga saat ini sudah 40.000 km dan kami masih terus membangun jaringan serat optik di Indonesia," ujar Tri kepada KONTAN, Jumat (8/9).

Untuk nilai investasi, perseroan tidak membedakan pengembangan serat optik dengan pembangunan infrastruktur jaringan lainnya. Artinya, rencana capital expenditure perseroan sebesar Rp 7 triliun pada tahun ini, di mana 80% nya digunakan untuk pembangunan infrastruktur layanan data, sudah termasuk untuk pengembangan serat optik.

"Karena fiber optik adalah backbone infrastructure untuk mendukung layanan data XL & tidak dijual terpisah," tambah Tri.

Selain itu, juga ada PT Indosat Ooredoo (ISAT) yang gencar membangun jaringan serat optik. Alexander Rusli selaku Direktur Utama ISAT menargetkan mampu membangun jaringan sepanjang 300.000 km hingga akhir tahun ini.

Sayangnya, Alex enggan menyebut jaringan yang sudah dibangun hingga semester 1 tahun ini. "Tunggu sampai kuartal 3 karena memang belum announce angka," terang Alex kepada Kontan Jumat (9/8).


Reporter Tantyo Prasetya
Editor Yudho Winarto

TELEKOMUNIKASI

Feedback   ↑ x
Close [X]