kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,89   3,53   0.38%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pabrik Krakatau Nippon bakal diresmikan Agustus tahun ini


Rabu, 30 Mei 2018 / 16:29 WIB
Pabrik Krakatau Nippon bakal diresmikan Agustus tahun ini
ILUSTRASI. Suasana pabrik Krakatau Steel


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Krakatau Nippon Steel Sumikin (KNSS), perusahaan patungan (joint venture/JV) PT Krakatau Steel Tbk (KS) dan Nippon Steel and Sumitomo Metal Corporation tengah merampungkan pabrik baja otomotifnya di tahun ini.

Direktur PT Krakatau Nippon Steel Sumikin  Djoko Muljono mengatakan commisioning pengoperasian pabrik akan dilakukan di semester II-2018. "Sedangkan opening ceremony-nya pada 7 Agustus," ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (30/5).

Sebelumnya, perusahaan mematok pengoperasian pabrik di April 2018 ini. Tapi menurut Djoko, pembangunan pabrik ini sebenarnya sudah selesai sesuai target. Hanya saja, pabrik tersebut sejak September 2017 masih memerlukan waktu untuk proses pengujian pabrik atau commisioning.

Tahap tersebut diperlukan untuk memastikan seluruh instalasi peralatan yang terpasang di pabrik KNSS yang memiliki kapasitas produksi hingga 480.000 ton per tahun itu berfungsi dengan baik. Dikarenakan pabrik baru beroperasi pertengahan tahun, maka di tahun ini kapasitas produksinya belum penuh.

"Kemungkinan tahap awal baru menggunakan kapasitas 30%," ungkap Djoko. Jika dihitung dari kapasitas produksi yang ada, maka diprediksi total produksi KNSS tahun ini sekitar 144.000 ton.

Perseroan berharap dalam dua tahun ke depan pabrik sudah sampai full capacity. KNSS mengklaim sudah mendapatkan calon pelanggan dari industri otomotif.

Sayangnya Djoko belum bisa merinci siapa saja calon pembeli tersebut. Yang jelas pabrikan KNSS akan memproduksi baja cold rolled steel (CR), galvanizing steel (GI), galvannealing steel (GA) dimana produk tersebut digunakan untuk bagian badan mobil dan beberapa komponen otomotif tahan karat lainnya.

Sekadar informasi, total investasi pabrik KNSS mencapai US$ 30 juta. Sedangkan porsi kepemilikan saham perusahaan ialah 80% Nippon Steel dan 20% oleh KRAS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×